Comscore Tracker

Konpensasi Sampah Tangsel untuk Warga Serang Cair, Segini Besarannya

Pemkot evaluasi kerja sama dengan Tangsel ini, Desember 2021

Serang, IDN Times - Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, uang konpensasi "bau sampah" dari Tangerang Selatan untuk warga Cilowong sudah cair. Ada sebanyak 21 RT yang mendapat dana konpensasi.

"Sesuai janji Pemkot pada Tanggal 19 sudah ditransfer melalui rekening atas nama pengurus RT," kata Syafrudin saat dikonfirmasi, Senin (22/11/2021).

1. Besaran nilai konpensasi warga

Konpensasi Sampah Tangsel untuk Warga Serang Cair, Segini BesarannyaIDN Times/Khaerul Anwar

Dia menyampaikan pembayaran konpensasi ini sesuai dengan hasil perundingan antara warga dengan Pemkot Serang. Sebanyak 19 RT masing-masing mendapatkan jatah konpensasi Rp36 juta dan 2 RT yang terdekat dengan TPSA Cilowong mendapatkan Rp180 juta.

Nilai dana konpensasi itu berdasarkan hitungan 10 persen dari retrebusi yang diterima Pemkot Serang hingga Desember 2021.

"Secara keseluruhan itu sampai Desember akhir. Hanya memang kebijakanTangsel dibayar duluan atas permintaan masyarakat," katanya.

2. Wali Kota Syafrudin klaim, sudah tak ada warga yang menolak kiriman sampah Tangsel

Konpensasi Sampah Tangsel untuk Warga Serang Cair, Segini BesarannyaIDN Times/Khaerul Anwar

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang itu mengklaim, pasca perundingan yang digelar pemkot-masyarakat pada 29 September lalu kondisi kiriman sampah Tangsel ke TPSA Cilowong sudah kondusif.

Diketahui sebelumnya, kiriman sampah Tangsel sempat mendapat aksi penolakan keras dari warga karena menimbulkan bau menyengat. Mulai dari penghadang truk pengangkut hingga membuang sampah ke kantor kelurahan dan kecamatan.

"Sudah kondusif, tidak ada keluhan lagi karena memang pengiriman sampah Tangsel ini dimalam hari," katanya.

Baca Juga: Warga Protes Sampah Tangsel, Wali Kota Serang: Sampah Bau Kalau Dicium

3. Pemkot pertimbangkan stop kerja sama di akhir Desember 2021

Konpensasi Sampah Tangsel untuk Warga Serang Cair, Segini BesarannyaIDN Times/Khaerul Anwar

Kendati demikian, Syafrudin berjanji tetap akan melakukan evaluasi perjanjian kerja sama mengenai pembuangan sampah antara Pemkot Serang dan Tangsel. Termasuk, mempertimbangkan untuk menghentikan kerja sama tersebut jika berdampak negatif terhadap masyarakat sekitar TPSA Cilowong.

"Aspirasi dari masyarakat tetap Desember akan kita evaluasi, mau dilanjut atau mau setop (pembuangan sampah Tangsel)," katanya.

Baca Juga: Potret Kelurahan Cilowong, Jadi Tempat Pembuangan Sampah Tangsel

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya