Comscore Tracker

Pemprov Banten Gak Punya Data Anak yang Yatim Piatu Akibat COVID-19

Data dari kabupaten/kota disebut lambat

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten belum memiliki data jumlah anak yang kehilangan orangtua karena COVID-19. Hal ini terjadi karena kabupaten/kota lambat menyetorkan data kepada Dinas Sosial Provinsi Banten.

"Ya ini mereka (kab/kota) lambat aja. Yang disalahkan pasti provinsi nanti, sama Kemensos," kata Budi Darma Plt Sekretaris Dinsos Provinsi Banten saat dikonfirmasi, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: 838 Anak di Kota Tangerang Jadi Yatim Akibat COVID-19

1. Baru satu daerah yang telah setorkan data

Pemprov Banten Gak Punya Data Anak yang Yatim Piatu Akibat COVID-19Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Ayu Afria)

Disampaikan Budi, sejauh ini baru Kabupaten Serang yang telah telah mengirimkan data. Berdasarkan data yang disampaikan Dinsos Kabupaten Serang ada sebanyak 72 anak di wilayahnya yang menjadi yatim piatu akibat COVID-19.

"Tapi masih berproses dan mereka juga sedang disibukan oleh penyaluran berbagai bansos daribpusat," katanya.

2. Kab/kota diminta percepat pendataan

Pemprov Banten Gak Punya Data Anak yang Yatim Piatu Akibat COVID-19Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kendati demikian, dia menyayangkan lambatnya proses pendataan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota di Banten. Oleh karenanya, pihaknya mendorong pemkab/pemkot segera melakukan pendataan dan menyerahkan data tersebut ke Pemprov Banten.

Padahal surat-nya (Kemensos) ke bupati/wali kota, bukan ke pemprov dulu," tuturnya.

3. Pemprov akan berkirim surat ke BPBD

Pemprov Banten Gak Punya Data Anak yang Yatim Piatu Akibat COVID-19Ilustrasi pemakaman korban meninggal akibat COVID-19.Antarafoto

Jika Dinsos kabupaten/kota tak kunjungan menyerahkan data, maka Dinsos provinsi akan mengirimkan surat ke leading sektor penanganan post mortem COVID-19, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota.

"Untuk minta data BNBD para korban meninggal. Nah dari situ pasti bisa ditelusuri adakah mereka memiliki data anak di bawah umur," katanya. 

Baca Juga: Beroperasi Saat PPKM, 10 PSK di Kabupaten Tangerang Ditangkap Polisi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya