Pengunjung Membeludak, Pemprov Banten Tutup Tempat Wisata 

Tempat wisata ditutup pada periode 16-30 Mei 2021

Serang, IDN Times - Gara-gara jumlah pengunjung membeludak, Pemerintah Provinsi Banten menutup seluruh destinasi wisata di wilayahnya selama libur lebaran. Hal ini tertuang dalam surat instruksi Gubernur Banten No.556/901-Dispar/2021 perihal penutupan sementara destinasi wisata.

Penutupan sementara destinasi wisata di Provinsi Banten dimulai tanggal 15 Mei 2021 Pukul: 21.00 WIB hingga tanggal 30 Mei 2021.

Baca Juga: Pengunjung Anyer-Carita Membludak, Lalu Lintas Macet Parah

1. Kebijakan ini diambil menyusul terjadi kerumunan di lokasi wisata

Pengunjung Membeludak, Pemprov Banten Tutup Tempat Wisata Dok. Dishub Banten

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan pemantauan perkembangan kunjungan wisatawan di destinasi pariwisata Banten sejak tanggal 14-15 Mei 2021. Antusias kunjungan wisata telah menimbulkan kerawanan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

"Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata, sangat padat dan ramai. Hal ini memicu timbulnya kerumunan yg akan berpotensi peningkatan kasus COVID-19 dari cluster wisata," kata Ati saat dikonfirmasi.

2. Kemacetan parah terjadi di jalur wisata

Pengunjung Membeludak, Pemprov Banten Tutup Tempat Wisata Dok. Istimewa/Taufik

Untuk dikerahui sebelumnya, memasuki hari ketiga lebaran objek wisata di Banten dibanjiri pengunjung. Terutama objek wisata pantai Anyer dan Carita wisatawan yang datang membeludak. Hal ini mengakibatkan sejumlah wisata pantai di Anyer hingga Carita penuh. Sehingga arus lalu lintas menuju wisata pantai itu macet parah.

Baca Juga: Ada Kerumunan, Pantai Tanjung Pasir Ditutup!

3. Bupati/wali kota diminta menutup lokasi wisata

Pengunjung Membeludak, Pemprov Banten Tutup Tempat Wisata Dok. Istimewa/Polda Banten

Selanjutnya, kata Ati, bupati dan wali kota se Banten diminta untuk menutup destinasi pariwisata mulai tanggal 16 Mei 2021. Seluruh masyarakat yang menuju lokasi wisata akan diputarbalikkan.

"(Diputar balik?) Ya. Oleh tim TNI/Polri, Dishub, smSatpol PP dan BPBD di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Baca Juga: Wahidin Larang Warga Jabodetabek Mudik dan Wisata ke Banten  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya