Comscore Tracker

Warga Bentangkan Bendera Raksasa di Kanal Surosowan, Banten Lama

Warga menjahit sendiri bendera raksasa itu

Serang, IDN Times - Warga Lingkungan Sukadiri, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang membentangkan bendera Merah Putih raksasa di Cagar Budaya kanal Surosowan, Kawasan Kesultanan Banten, Rabu (17/8/2022). Ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Puluhan pemuda Sukadiri turun ke kanal dan mengibarkan bendera berukuran 50 x 1,5 meter itu di atas air yang ada di kanal Surosowan. Upacara pembentangan bendera ini juga diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Baca Juga: Potret Peringatan HUT ke-77 RI di Banten, Merdeka!

1. Warga antusias mengikuti pengibaran bendera di kanal tersebut

Warga Bentangkan Bendera Raksasa di Kanal Surosowan, Banten LamaIDN Times/Khaerul Anwar

Kegiatan upacara ini diikuti oleh ratusan warga setempat dengan antusias dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Kegiatan ini diinisiasi oleh sejumlah pemuda yang menamai diri sebagai Sukadiri Squad.

Aliyudin selaku sekretaris mengatakan, pelaksanaan momen pengibaran bendera raksasa di kanal bersejarah ini agar kemerdekaan RI pada 17 Agustus menjadi peristiwa yang istimewa dan bisa membangkitkan jiwa nasionalisme sehingga masyarakat sadar untuk menjaga lingkungan.

"Sebelumnya kita sering menyelenggarakan acara 17.  Baru kali ini kita mengibarkan bendera 50 meter di area kanal," katanya.

2. Warga menjahit sendiri bendera raksasa tersebut

Warga Bentangkan Bendera Raksasa di Kanal Surosowan, Banten LamaIDN Times/Khaerul Anwar

Bahkan, bendera Merah Putih raksasa itu dijahit sendiri oleh pemuda Sukadiri. Mereka membutuhkan waktu sampai dengan 12 jam untuk bisa menjahit bendera  merah putih tersebut.

"Kita beli bahan dan jahit sendiri dengan dana hasil swadaya masyarakat warga di Lingkungan Sukadiri," katanya.

3. Masyarakat diharapkan bisa menjaga kebersihan cagar budaya ini

Warga Bentangkan Bendera Raksasa di Kanal Surosowan, Banten LamaIDN Times/Khaerul Anwar

Baca Juga: Sejarah Keraton Surosowan, Pusat Kesultanan Banten

Di tempat yang sama, Sukron selaku Ketua RT setempat mengapresiasi kekompakan dan inovasi yang dilakukan oleh kelompok pemuda tersebut. Dia berharap, dengan pengibaran bendera di kanal ini bisa memberi pesan agar masyarakat menjaga kebersihan sungai di kawasan bersenarah ini.

"Sangat mendukung dengan kegiatan para remaja di lingkungan, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan terus," katanya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya