Comscore Tracker

Pemprov Banten Akan Bangun TPSA Regional di Cileles Lebak  

TPA ini akan menampung sampah dari 8 kabupaten/kota

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Regional di Kabupaten Lebak. Lokasinya, ada di Kecamatan Cileles. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Banten Wawan Gunawan mengatakan, TPSA yang bertujuan untuk menampung sampah dari seluruh kabupaten dan kota itu akan dibangun di atas lahan seluas 150 hektare milik negara yang dikelola oleh Perhutani.

Baca Juga: Mengenal Lebak Parahiang, Pernah Jadi Ibu Kota Lebak

1. Pembangunan TPSA ditargetkan dimulai tahun depan

Pemprov Banten Akan Bangun TPSA Regional di Cileles Lebak  Dok. Istimewa/IDN Times

Wawan menyampaikan, saat ini pihaknya bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sedang mengurus seluruh perizinan, studi kelayakan dan kajian TPSA Regional tersebut. Persyaratan administrasi ditargetkan rampung pada awal tahun 2023 termasuk dimulainya pembangunan.

"Mulai difungsikan 2024 untuk mengelola sampah yang tidak tertampung dari kabupaten kota," kata Wawan saat dikonfirmasi, Rabu (23/11/2022).

2. Alasan Kecamatan Cileles sebagai lahan TPA regional Banten

Pemprov Banten Akan Bangun TPSA Regional di Cileles Lebak  Dok. Istimewa/IDN Times

Dia menjelaskan, pemilihan lokasi di Cileles tersebut lantaran lahannya dinilai memadai dan jauh dari permukiman warga. Selain, itu akses menuju TPSA Regional tersebut dekat dengan pintu tol Serang-Panimbang.

"Jaraknya dari exit tol Cileles hanya  lima kilometer, yang terpenting jauh dari permukiman warga," katanya.

3. Sampah akan dikelola menjadi energi listrik  

Pemprov Banten Akan Bangun TPSA Regional di Cileles Lebak  Dok. Istimewa/IDN Times

Selain mempersiapkan lahan, kata Wawan, Pemprov Banten saat ini tengah mengkaji  teknologi pengelolaan sampah di TPSA Regional tersebut. Rencananya, setiap sampah-sampah yang dibuang kesana akan dijadikan bahan energi listrik.

"Teknologinya seperti apa nih kajiannya dengan kapasitas berapa sampahnya? diapain? apakah nanti untuk dijadikan tenaga listrik nantinya. Kan gak mungkin seperti TPSA Cilowong ditumpuk," katanya.

Baca Juga: Bupati Iti: Cimarga Cocok Jadi Lokasi TPA Regional di Lebak

Anwar Ibrahim Photo Community Writer Anwar Ibrahim

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya