Exit Tol Baru di Tangerang Bisa Urai Macet Kawasan Bitung

Bisa kurangi kemacetan hingga 30 persen 

Tangerang, IDN Times - Wilayah Kabupaten Tangerang bakal memiliki pintu exit tol baru yang bisa mengurai kemacetan panjang di kawasan Bitung yang memang kerap padat saat jam sibuk. Pintu exit tol baru tersebut dipastikan bakal dibangun oleh pengembang Paramount Land setelah menerima izin prinsip untuk modifikasi pintu Tol Bitung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Pembangunan tidak lebih dari dua tahun. Rencananya akhir Juni tahun ini mulai groundbreaking. Semoga 2025 sudah bisa beroperasi,” ujar Presiden Direktur Paramount Land, M Nawawi.

1. Modifikasi pintu tol bakal melewati kawasan kota baru Paramount Petals

Exit Tol Baru di Tangerang Bisa Urai Macet Kawasan BitungPresiden Jokowi meresmikan tol Indrapura-Limapuluh (dok.Hutama Karya)

Modifikasi pintu Tol Bitung tersebut bakal menjadi akses langsung menuju kota baru Paramount Petals seluas 400 hektare. Di mana, akses tersebut juga bisa digunakan oleh warga sekitar seperti daerah Curug, Bitung, Cukanggalih, dan sekitarnya.

"Kalau sekarang itu exit tol Bitung ada KM26, kalau modifikasi nanti itu di KM25,5 dan langsung exit di Kecamatan Curug. Modifikasinya itu harus keluar sehingga akses yang ada kita bikin baru lagi sehingga nyeberang tol yang ada," jelas Nawawi.

Nantinya, pintu tol baru tersebut akan memiliki panjang 5 kilometer di mana akan dibangun jalan layang atau flyover yang menghubungkan exit tol Bitung langsung dengan Kecamatan Curug.

"Panjang flyover-nya itu 100 meter, tapi total dari exit tol sampai keluar Curug itu panjangnya 5 kilometer," ungkap Nawawi.

2. Pintu tol baru diperkirakan bisa urai kemacetan pintu Tol Bitung hingga 30 persen

Exit Tol Baru di Tangerang Bisa Urai Macet Kawasan Bitungilustrasi kemacetan (pexels.com/Mikechie Esparagoza)

Nawawi menuturkan, berdasarkan kajian yang dilakukan, modifikasi pintu tol Bitung tersebut bakal mengurai kemacetan di kawasan Bitung 15-30 persen. Pasalnya, pengendara yang ingin ke kawasan sekitar Paramount Petals tak lagi menumpuk di pintu tol Bitung.

"30 persen itu disaat jam sibuk," kata Nawawi.

3. Paramount Land ingin bangun kota baru setelah kesuksesan Gading Serpong

Exit Tol Baru di Tangerang Bisa Urai Macet Kawasan BitungDok. Paramount Land

Nawawi mengatakan, sebagai pengembang di Gading Serpong, pihaknya ingin membangun kota mandiri baru di kawasan Kabupaten Tangerang, di mana kali ini di wilayah Curug, yakni Paramount Petals. Seperti Gading Serpong yang telah menjadi economic hub yang turut mendukung perputaran roda perekonomian di Tangerang Raya, di mana tahun 2023 lalu perusahaan mencatat total penjualan pemasaran Rp5,7 triliun.

"Kami tengah merancang sebuah kota mandiri terintegrasi bertajuk Paramount Petals yang mengangkat tagline Lovable Living, dimana kami ingin memberikan kehidupan nyaman dan bahagia bagi siapa saja yang menghuni kota baru ini," jelasnya.

Saat ini, berbagai fasilitas pun telah tersedia di Paramount Petals, seperti hunian, convenience store, food & beverage store dan sebagainya. Tahun ini, pihaknya pun berencana untuk membangun rumah sakit dan 10 hotel.

"Kami percaya bisa menggaet loyal customer, karena kultur sudah terbentuk, ekosistem kehidupan kesesuaian, ini juga terjadi di Paramount petals, orang Gading banyak pindah ke sana, artinya kami mempunyai loyal customer, ngikutin kita bukan hanya penghuni tapi juga pengusahanya," ungkapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya