Comscore Tracker

Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat

Rute-rute yang tadinya berhenti, mulai beroperasi kembali

Tangerang, IDN Times - Memasuki masa libur panjang sekolah, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) meningkat. Terminal-terminal keberangkatan domestik ramai penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin mengatakan, saat ini pergerakan penumpang mencapai 135 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan data per 26 Juni 2022.

"Kami mencatat sekarang di Bandara Soetta sekarang tidak kurang dari 135 ribu pergerakan penumpang, 130 ribu itu udah rutin," kata Awaluddin, Senin (37/6/2022).

1. Pandemik COVID-19 lebih dari dua tahun, penerbangan berangsur normal

Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta MeningkatDirektur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam acara Flag Off Uji Coba Bus Listrik DAMRI. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Awaluddin mengungkapkan, semenjak kasus COVID-19 melandai dan pembatasan di sektor transportasi dan pariwisata dilonggarkan, angka pergerakan penumpang terus meningkat, khususnya dari angkutan lebaran 2022 lalu.

"Sekarang tidak pernah lagi Bandara Soetta di bawah 100 ribu penumpang per hari. Pertumbuhan sekitar 18 sampai 21 persen peegerakan khusus di Bandara Soetta," kata Awaluddin.

2. Recovery rate Bandara Soetta capai 85 persen

Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta MeningkatPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ia mengungkapkan, saat ini rata-rata utilisasi slot Bandara Soetta sudah mencapai 85 persen dibandingkan dengan sebelum pandemik COVID-19, hal tersebut berarti recovery rate sudah mencapai 85 persen.

"Tapi kalau dengan bandara-bandara di luar Soetta, secara keseluruhan di sekitar 60 persen. Jadi kita berharap ini terus membaik bukan hanya melihat dari aspek-aspek tertentu saja," ungkapnya.

3. Rute-rute yang tadinya berhenti, mulai beroperasi kembali

Liburan Sekolah, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta MeningkatAntara Foto/Eric Ireng

Awaluddin menjelaskan, pada saat pandemik COVID-19, beberapa rute penerbangan domestik maupun internasional sempat dihentikan oleh maskapai. Namun, saat ini sudah mulai dibuka kembali.

"Ini juga upaya susun antara suplai demand, operator bandara maskapai masyarakat kemudian kita sesuaikan bagaimana slot penerbangan bisa optimalkan," jelasnya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya