LKPP Minta Pengadaan Konstruksi di Kota Tangerang Pakai e-Katalog

Proses pembangunan disebut akan lebih cepat terlaksana

Tangerang, IDN Times - Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi meminta seluruh pengadaan konstruksi di lingkup Pemerintah Kota Tangerang menggunakann e-katalog. Hal tersebut agar dapat mempersingkat waktu lelang dan tak berbelit-belit.

"Di proses lelang melalui e-katalog tidak lagi diperlukan sanggah, dan enggak perlu lagi lelang ulang, sehingga bisa mempercepat proses pembangunan," ujar Hendrar, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga: Kota Tangerang Miliki Pusat Terapi Anak Disleksia

1. Hendrar contohkan Jakarta yang sudah gunakan penuh e-katalog

LKPP Minta Pengadaan Konstruksi di Kota Tangerang Pakai e-KatalogIDN Times/Dok. Pemkot Tangerang

Hendrar berharap ada keberanian dari pemerintah daerah untuk menggunakan e-katalog dalam pengadaan kontruksi di daerahnya masing-masing.

"Ada keberanian untuk kita bisa menggeser anggaran di kontruksi ini dengan cara e-katalog, Beberapa daerah sudah melakukan itu, terutama Jakarta," ujarnya.

2. Pengerjaan akan lebih cepat terlaksana dengan e-katalog

LKPP Minta Pengadaan Konstruksi di Kota Tangerang Pakai e-KatalogIDN Times/Dok. Pemkot Tangerang

Hendrar mengungkapkan, dengan penggunaan e-katalog, proses lelang bisa lebih cepat dilakukan dan otomatis pengerjaan pembangunan daerah pun akan lebih cepat terlaksana.

"Ada jalan beton per meter lari berapa, terus tayang. Ada beberapa perusahaan, diklik yang paling sesuai, langsung satu, dua hari kontraktornya datang ngukur, langsung kerja," jelasnya.

3. Realisasi belanja melalui e-katalog Pemkot Tangerang diprediksi meningkat

LKPP Minta Pengadaan Konstruksi di Kota Tangerang Pakai e-KatalogIDN Times/Dok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi, realisasi belanja melalui katalog di Pemerintah Kota Tangerang pada tahun 2023 ini diprediksi meningkat di banding tahun lalu yang mencapai angka Rp 134,96 miliar. Sementara pada Mei tahun 2023, realisasi belanja e-katalog sudah mencapai angka Rp129,65 miliar.

Baca Juga: Cari Rumah Ramah Lingkungan di Tangerang? Coba Intip Klaster Strozzy 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya