Comscore Tracker

Menag Yaqut Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara Soetta

Keberangkatan ini perdana setelah pandemik COVID-19

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 393 calon jemaah Haji (calhaj) berangkat ke Tanah Suci, Makkah melalui Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Sabtu (4/6/2022). Keberangkatan perdana setelah pandemik COVID-19 tersebut pun dilepas langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Jakarta ini diberangkatkan  menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-7301 yang langsung menuju Madinah, Arab Saudi.

"Karena di sana cuacanya sangat panas, terakhir di sana di antara 44 - 47 derajat jadi ini tantangan yang menurut saya harus dihadapi oleh jemaah Haji," kata Menag Yaqut.

Untuk itu, dia meminta agar para calon haji menjaga agar tubuh tetap fit, meminum vitamin, dan sebagainya untuk menjaga kebugaran tubuh. "Dalam rangka ibadah bisa lancar," kata dia. 

1. Menag minta calon haji fokus ibadah selama di Makkah

Menag Yaqut Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara SoettaDok. IDN Times/Ega Alfreda

Dalam pelepasan tersebut, Menag Yaqut mengingatkan agar para calon jemaah haji juga  fokus dalam melaksanakan ibadah dan menghindari hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan.

"Jadi yang tidak diperlukan dan tidak penting dalam proses ibadah tidak usah dilakukan," ujarnya.

2. Ada 7 pesawat Garuda Indonesia yang dikerahkan angkut calon jemaah haji

Menag Yaqut Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara SoettaDok. IDN Times/Wira Santana

Sementara, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya mengerahkan tujuh armada berbadan lebar (wide body) untuk melayani keberangkatan para calon jemaah haji menuju Tanah Suci.

"Yakni 4 Boeing 777-300ER, satu pesawat Airbus 330-300, dan pesawat Airbus 330-900neo. Dua milik Citilink dan lima milik Garuda Indonesia," kata Irfan.

3. Dirut Garuda juga meminta masyarakat maklum jika adanya perubahan jadwal penerbangan Garuda Indonesia

Menag Yaqut Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara SoettaDok. IDN Times/Ega Alfreda

Irfan menjelaskan, pihaknya memastikan seluruh pesawat berbadan lebar tersebut dalam keadaan prima dan layak terbang melalui serangkaian inspeksi, termasuk perawatan menyeluruh terhadap mesin pesawat serta komponen vital lainnya.

"Kami akan memastikan seluruh jemaah mendapatkan layanan terbaik, mulai dari sebelum penerbangan hingga tiba kembali di Tanah Air," tegas dia.

Nantinya, kesiapan pergerakan pesawat dan calon jemaah haji akan terus dipantau  melalui koordinasi intensif dengan berbagai stakeholder. Hal tersebut untuk memastikan penerbangan dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan tentunya mampu memberikan kenyamanan kepada seluruh calon jemaah haji.

"Saya ingin sampaikan juga  permohonan maaf ke rakyat Indonesia karena kita ingin melayani secara sempurna jemaah haji, mungkin ada beberapa penerbangan dari dan di dalam indonesia yang mungkin agak sedikit mengalami perubahan, baik itu dari jadwal maupun dari tipe pesawat," tuntas Irfan.

Sebagai informasi, hari ini ada 3 kloter calon jemaah Haji embarkasi Jakarta, Banten, Jawa Barat yang diberangkatkan langsung menuju Madinah, Arab Saudi. Pertama menggunakan pesawat Garuda Indonesia sedangkan kloter kedua dan ketiga menggunakan pesawat Saudia Airline.

Baca Juga: Ratusan Calon Jemaah Haji Tes PCR di Gedung MUI Kota Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya