Penyebab Ledakan di Periuk, Pengoplosan Gas Melon

Kasus kebakaran dan ledakan ini ditangani Polsek Jatiuwung

Tangerang, IDN Times - Kebakaran disertai ledakan yang terjadi di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang disebabkan dari aktivitas pengoplosan gas Liquid Petroleum Gass (LPG atau elpiji) 3 kilogram.

Kebakaran tersebut diketahui berasal dari bangunan gudang bekas pabrik KMK, RT01/04 Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk yang juga dikenal dengan Gang Mayat. 

"Betul, diduga dari aktivitas pengoplosan gas yang meledak," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Khawatir Pra-PPDB Terhambat, Pemkot Tangerang Siapkan Kontak Helpdesk

1. Api berhasil dipadamkan Senin, pukul 22.05 WIB

Penyebab Ledakan di Periuk, Pengoplosan Gas MelonDok. BPBD Kota Tangerang

Kebakaran tersebut, kata Maryono terjadi pada 1 April 2024 sekitar pukul 21.30 WIB. Pihaknya yang mendapat laporan pun lantas segera mendatangi pabrik tersebut hingga api bisa dipadamkan sekitar pukul 22.05 WIB.

"Ada 9 unit pemadam kebakaran gabungan yang dikerahkan terdiri dari 35 personel," jelasnya.

2. Kasus kebakaran tengah ditangani Polsek Jatiuwung

Penyebab Ledakan di Periuk, Pengoplosan Gas MelonDok. BPBD Kota Tangerang

Usai api bisa dipadamkan, BPBD pun lantas menyerahkan kasus tersebut kepada Polsek Jatiuwung. Pasalnya, terdapat tiga orang yang mengalami luka bakar akibat dari ledakan tersebut yang telah dilarikan ke RS Sari Asih Sangiang.

"Kasus selanjutnya ditangani oleh Polsek Jatiuwung," ungkapnya.

3. Kebakaran disertai ledakan sempat bikin panik warga

Penyebab Ledakan di Periuk, Pengoplosan Gas MelonDok. Instagram Infotangerangkota

Kebakaran disertai ledakan hebat terjadi di Tangerang dan sempat viral di media sosial Instagram dengan akun @infotangerangkota.

Dalam video tersebut, terlihat api berkobar hebat disertai suara ledakan berulang-ulang. Perekam video yang merupakan warga yang tinggal dekat dengan lokasi kebakaran pun panik dan berupaya menjauh. 

Dalam narasinya, disebutkan bahwa kebarakan tersebut diduga berasal dari sebuah pabrik pengisian gas. Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

"Telah terjadi kebakaran diduga Pabrik MK gang Mayat di Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang," tulis narasi di postingan tersebut.

Baca Juga: Kebakaran Disertai Ledakan Terjadi di Periuk Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya