Comscore Tracker

Pesawat Citilink Rute Yogyakarta Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hatta

Ada tekanan udara pada kabin pesawat

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG776 terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta atau Return to Base ke Bandara Soekarno-Hatta sesaat setelah lepas landas pada Jum'at (12/3/2021). 

Pesawat dengan jenis Airbus A320 tersebut seharusnya dijadwalkan terbang menuju Yogyakarta (YIA), namun harus kembali ke bandara awal yakni Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 09.45 LT (Local Time). 

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Harry Douglas membenarkan peristiwa tersebut. 

"Ya betul, CGK-Kulonprogo. Sekarang sudah mendarat kembali dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta," ujarnya. 

Baca Juga: Antisipasi Varian B117, Bandara Soetta Perketat Pemeriksaan

1. Ada gangguan tekanan pada kabin pesawat

Pesawat Citilink Rute Yogyakarta Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hattainstagram.com/citilink

Yohanes menerangkan, pesawat Citilink tersebut mengalami Return to Base (RTB) ke Bandara Soekarno Hatta lantaran adanya gangguan tekanan udara di kabin pesawat. "Laporannya terkait tekanan udara di kabin," tutur Yohanes.

Pesawat diketahui mengalami gangguan teknis pada skin air outlet valve fault atau tekanan udara, hingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan penerbangan.

"Untuk keselamatan akhirnya diputuskan RTB. Dan saat ini, penanganan seluruh penerbangan di Bandara Soetta berjalan lancar," ungkapnya.

2. Terdapat 66 penumpang yang ada di dalam pesawat

Pesawat Citilink Rute Yogyakarta Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hatta(Ilustrasi pesawat Citilink) www.instagram.com/@citilink

Di dalam pesawat tersebut, terdapat 66 penumpang. Dimana, saat ini keseluruhan penumpang dan awak kabin mendarat dengan selamat. Yohanes juga memastikan, pesawat PK-GQJ tersebut mendarat dengan selamat di Bandara Soetta.

"Seluruh penumpang dan awak kabin dalam keadaan selamat," ujar Yohanes. 

3. Penumpang telah diterbangkan kembali pada pukul 10.55 LT

Pesawat Citilink Rute Yogyakarta Putar Balik ke Bandara Soekarno-HattaBalitribun

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Kholik Muardi menjelaskan, penumpang kembali diberangkatkan pada 10.55 LT atau local time dengan pesawat pengganti PK-GQP ex QG 663 DPS-CGK.

"Sudah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti, dan untuk segala keterlambatan yang terjadi nantinya akan diberikan kompensasi di bandara tujuan," katanya.

Baca Juga: Ngaku Bisa Rekrut Pegawai Citilink, Tukang Rias Tipu 6 Korban 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya