39 Puskesmas Sediakan Layanan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

Ini cara dapat akses layanannya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melalui 39 Puskesmas menyediakan layanan pemeriksaan IVA test dan Pap Smear secara gratis.

Layanan ini ditujukan untuk deteksi dan pengobatan kanker rahim yang lebih dini.

“Dalam hal ini, masyarakat dapat mendeteksi kanker serviks melalui IVA Test lebih dulu. Jika ditemukan hasil positif, maka pasien akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan pap smear di Laboratorium atau rumah sakit rujukan,” kata Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Dini Anggraeni, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Atlet Panjat Tebing Asal Kota Tangerang Berlaga di Asian Games ke-19

1. Ini syarat ketentuannya

39 Puskesmas Sediakan Layanan Pemeriksaan Kanker Serviks GratisArief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Dini menyatakan, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan Pap smear atau IVA test dengan hanya membawa foto copy KTP atau BPJS. Dengan ketentuan, yakni wanita yang sudah menikah, usia diatas 17 tahun, tidak dalam kondisi hamil, tidak sedang menstruasi, belum menopose dan tidak berhubungan seksual 2x24 jam sebelum waktu pemeriksaan.

“Untuk mendapatkan pelayanan, pasien pengguna BPJS Kesehatan bisa daftar dan cek jadwalnya di masing-masing puskesmas yang terdaftar,” katanya.

2. Ini jadwalnya

39 Puskesmas Sediakan Layanan Pemeriksaan Kanker Serviks GratisArief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Sementara itu, Puskesmas Paninggilan yang berada di Jalan H. Yusuf No. 01 RT. 001/RW. 010, Kelurahan Paninggilan, Kecamatan Ciledug, dalam waktu dekat akan mengadakan pemeriksaan pap smear gratis, yaitu pada Sabtu (23/9/2023) lusa.

Pemeriksaan dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, dimana sebelumnya pasien diharapkan mendaftar melalui link bit.ly/daftarpapsmeargratis.

“Pemeriksaan pap smear ini merupakan program dari BPJS Kesehatan yang bekerja sama dengan Prodia Laboratorium. Kegiatan ini sangat dianjurkan bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan pap smear tiga tahun sekali bagi usia di atas 17 tahun. Sedangkan untuk usia 30-65 tahun bisa melakukan pemeriksaan lima tahun sekali,” kata Kepala Puskesmas Paninggilan, Lusi Anika.

3. Program ini sangat bantu perempuan cegah kanker serviks sedari dini

39 Puskesmas Sediakan Layanan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratisilustrasi perempuan melawan kanker serviks (unsplash.com/Sarah Cervantes)

Lusi mengatakan, adanya program pemeriksaan Pap smear ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan layanan skrining deteksi dini kanker. Karena masyarakat lebih antusias dalam pemeriksaan papsmear gratis.

“Diharapkan seluruh wanita di Kota Tangerang bisa lebih peduli terhadap kesehatannya, terutama tidak segan melakukan pemeriksaan dini, untuk pencegahan sedini mungkin,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kanker leher rahim atau serviks merupakan salah satu dari dua jenis kanker yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia, khususnya wanita. Banyaknya kasus yang terlambat terdeteksi sejak dini, menjadi salah satu penyebab angka kematian yang tinggi.

Baca Juga: Andi Ony Prihartono Resmi Menjabat Pj Bupati Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya