Comscore Tracker

4 KK di Tangsel Terdampak Tanah Longsor Usai Hujan Deras

Pemkot Tangsel turunkan tim bersihkan material longsor

Tangerang Selatan, IDN Times - Insiden tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Rabu (4/5/2022). Longsor yang terjadi, membuat material tanah menutup permukaan kali saat hujan deras.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi di Jalan H Saanan RT 003/003, Kelurahan Kademangan, sekitar pukul 15.15 WIB.

"Jumlah kepala keluarga terdampak ada empat," kata Kepala Seksi Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Essa Nugraha, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Disnaker Tangsel Terima 3 Aduan THR Pekerja yang Tak Dibayar

1. Panjang longsoran mencapai 20 meter

4 KK di Tangsel Terdampak Tanah Longsor Usai Hujan DerasIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Essa mengatakan, tanah yang sudah terkikis terjadi longsor dengan ketinggian 6 meter dan panjang 20 meter. Material menimpa aliran kali kecil sehingga terputus.

"Dan mengakibatkan satu rumah banjir karena akses aliran kali tertutup," jelas Essa.

2. Bantuan makanan sudah disalurkan kepada warga terdampak

4 KK di Tangsel Terdampak Tanah Longsor Usai Hujan DerasIlustrasi bantuan sembako di tengah wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Tim gabungan dari BPBD bersama Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi saat ini terus berupaya mengevakuasi material longsoran tanah.

Distribusi bantuan makanan tambahan gizi sebanyak 15 paket, dan sembako 18 paket sudah diberikan kepada warga terdampak. "Hari ini pembersihan puing yang menutup saluran air dengan alat berat bersama PU masyarakat dan BPBD," kata Essa.

3. Sebelumnya, banjir melanda 16 titik di Tangsel

4 KK di Tangsel Terdampak Tanah Longsor Usai Hujan DerasDok. Satpol PP Tangsel

Di tengah cuaca ekstrem, sebelumnya, ada 16 titik banjir di pemukiman warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada perayaan Lebaran hingga Rabu pagi (4/5/2022). Dua titik banjir dipicu akibat jebolnya tanggul pembatas aliran sungai saat intensitas curah hujan ekstrem.

Pemerintah Kota Tangsel memastikan pembangunan tanggul jebol akan dilakukan usai masa libur lebaran berakhir. "Penanganan permanen dilakukan setelah lebaran," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, Robby Cahyadi dalam keterangan yang diterima.

Baca Juga: Banjir Landa 16 Titik di Tangsel, 2 titik Karena Tanggul Jebol

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya