Comscore Tracker

Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang 

DPUPR siapkan pompa antisipasi banjir

Kota Tangerang, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang pada Senin, (17/5/2021) malam hingga Selasa, (18/5/2021) dini hari membuat sebagian wilayah Kota Tangerang tergenang air.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mencatat, sekurangnya ada 12 titik genangan yang terjadi hingga pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Kampung Bulak Tangsel Sudah 8 Kali Banjir Sejak Awal 2021

1. Ada 12 titik genangan yang terjadi di 4 kecamatan di Kota Tangerang

Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang Ilustrasi Banjir (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Wilayah tersebut berada di empat kecamatan. Berikut data wilayah yang tergenang banjir berdasarkan kecamatan.

1. Kecamatan Ciledug: Perumahan Puri Kartika dan Griya Kencana Ciledug.

2. Kecamatan Karang Tengah: Perumahan Ciledug Indah, Depertemen Dalam Negeri, Duren Villa dan Pondok Bahar.

3. Kecamatan Cipondoh: Gondrong Udik dan Petir.

4. Kecamatan Karawaci: Galeong, Nambo Jaya, Pondok Arum dan Gempol.

Wilayah yang paling parah tergenang air, yakni wilayah Petir di mana ketinggiannya mencapai 1 meter. Sehingga, butuh waktu seharian agar airnya menyurut dengan bantuan pompa.

"Sudah surut airnya. Memang yang paling parar di Petir saja," kata Kepala Bidang Tata Air (DPUPR) Kota Tangerang, Mursiman, Selasa (18/5/2021).

2. Pompa air antisipasi banjir disiapkan

Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang Pompa air Cideng, Jakarta Pusat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Mursiman mengatakan dalam mengantisipasi genangan yang akan menjadi banjir pihaknya telah menyiagakan dan mengoptimalkan pompa air. Sejauh ini, tidak ada kendala baik pompa air stasioneri dan pompa mobile.

"Itu penanganan sementara yang kita lakukan mengoptimalkan pompa yang ada. Pompa yang ada di cek sudah berfungsi maksimal," katanya.

Baca Juga: Drainase Tak Bisa Tampung Air Hujan, 3 Titik di Tangsel Banjir

3. Genangan terjadi karena luapan Kali Angke

Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang Banjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Mursiman mengatakan, genangan air terjadi di wilayah Timur Kota Tangerang itu disebabkan oleh meluapnya Kali Angke yang merupakan anak Sungai Ciliwung.

"Memang sempat siaga 1 karena ketinggian di pintu air kali Angke sudah mencapai 300 centimeter. Sekarang sudah di bawah itu menuju siaga 2 dan 3 artinya normal," tutur Mursiman.

4. BPBD: genangan masih menjadi kewenangan DPUPR

Kali Angke Meluap, 14 Titik di Kota Tangerang Tergenang Banjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Deni Koswara mengatakan genangan yang terjadi itu baru menjadi wewenang DPUPR untuk menanganinya. Sehingga, petugas BPBD yang dikerahkan tak dimaksimalkan.

"Kalo genangan itu adanya masih kewenangan DPUPR. Kalo sudah banjir segala macam, penyelamatan itu baru BPBD. Itu kan baru genangan, itu kan apakah ada salurannya yang tertutup atau bagaimana," katanya.

Namun demikian, sebagian jajaran BPBD Kota Tangerang sudah dikerahkan di Kelurahan Petir yang tergenang air paling parah. "Hanya di Petir saja (menurunkan petugas). Kita antisipasi saja, stand by kami," ungkapnya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya