Kota Tangerang Miliki Pusat Terapi Anak Disleksia

Apa itu disleksia dan apa penyebabnya?

Kota Tangerang, IDN Times - Yayasan Global Genius Indonesia mendirikan D'Genius Learning Center yang merupakan pusat terapi bagi anak yang terkena disleksia. Tak banyak diketahui masyarakat, disleksia merupakan permasalahan dalam belajar.

Tempat terapi anak pengidap disleksia ini, berlokasi di Perumahan Banjar Wijaya, Cluster Viola Blok B75 No. 12, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Ini diklaim sebagai tempat belajar penyandang disleksia pertama di Kota Tangerang. 

Program director dyslexia D'Genius Learning Center, Bulan Ayu ingin penyakit disleksia ini bisa mendapatkan penanganan yang tepat serta dapat membantu memenuhi kesiapan anak dalam belajar.

"Karena penyakit disleksia masih sangat awam bagi masyarakat khususnya orangtua, sehingga mereka masih belum tahu penanganan tepatnya seperti apa, apalagi terkadang masih banyak yang menderita penyakit disleksia dianggap sebagai pemalas," kata Bulan yang juga menyandang disleksia pada Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Tempat Hits Ini Ternyata Masuk Kabupaten Tangerang Loh, Jangan Salah!

1. D'Genius Learning Center memiliki program khusus, yakni intensif disleksia

Kota Tangerang Miliki Pusat Terapi Anak Disleksiailustrasi media anak disleksia (pexels.com/Yan Krukov)

D'Genius Learning Center memiliki program khusus, yakni intensif disleksia serta pendidikan usia dini yang dibantu oleh pengajar khusus dan ahli yang memahami penanganan disleksia dari usia tiga sampai enam tahun.

"Kami tentunya bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang,serta bantuan psikolog dalam fokus menangani dengan tepat anak disleksia," kata Bulan.

2. Apa itu disleksia?

Kota Tangerang Miliki Pusat Terapi Anak DisleksiaDok. Pemkot Tangerang

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Penderita disleksia akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan, dan mengubahnya menjadi huruf atau kalimat.

Disleksia tergolong gangguan saraf pada bagian otak yang memroses bahasa, dan dapat dijumpai pada anak-anak atau orang dewasa. Meskipun individu dengan disleksia kesulitan dalam belajar, penyakit ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang.

3. Apa penyebabnya?

Kota Tangerang Miliki Pusat Terapi Anak Disleksiailustrasi media anak disleksia (pexels.com/Yan Krukov)

Belum diketahui apa penyebab pasti disleksia, tetapi kondisi ini diduga terkait dengan kelainan gen yang memengaruhi kinerja otak dalam membaca dan berbahasa.

Sejumlah faktor yang diduga memicu kelainan gen tersebut adalah:

  1. Infeksi atau paparan nikotin, alkohol, dan NAPZA pada masa kehamilan.
  2. Lahir prematur atau terlahir dengan berat badan rendah.
  3. Riwayat disleksia atau gangguan belajar dalam keluarga juga menjadikan anak menderita disleksia.

Baca Juga: 5 Tempat Foto Instagrammable di Tangerang, Estetik!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya