Nekad Beraksi Siang Hari, Perampok di Tangsel Jadi Bulan-bulanan Warga

Pelaku sempat menggasak belasan juta rupiah dari minimarket

Tangerang Selatan, IDN Times - Seorang pelaku perampokan menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap tangan menggasak uang belasan juta rupiah, dari gerai Indomaret di Jalan Raya Puspitek, Setu Tangerang Selatan. Pelaku berinisial IR dan berusia 27 tahun. 

IR nekat merampok di siang hari pada Senin (30/1/2023) dan ketahuan warga. Setelah dihakimi massa, pria berbadan tinggi kurus itu kini mendekam di kantor Polsek Cisauk.

Baca Juga: Kawanan Monyet Masuk Pemukiman Warga di Serpong Tangsel

1. Pelaku terancam 9 tahun penjara

Nekad Beraksi Siang Hari, Perampok di Tangsel Jadi Bulan-bulanan WargaIlustrasi penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kanit Reskrim Polsek Cisauk, Ipda Margana, membenarkan kejadian itu. Menurut dia, pelaku IR merampok dengan membawa senjata tajam jenis golok.

“Pelaku IR kami sangkakan pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara,” kata Kanit Reskrim Polsek Cisauk, Ipda Margana, dikonfirmasi Selasa (31/1/2023).

2. Modusnya, pelaku semula berpura-pura menjadi pembeli

Nekad Beraksi Siang Hari, Perampok di Tangsel Jadi Bulan-bulanan WargaIndomaret. (IDN Times/Anata)

Dia menerangkan, pelaku asal Gunung Sindur, Kabupaten Bogor itu, sebelumnya sempat berpura-pura sebagai pembeli untuk masuk dan mengantre di kasir toko. Ketika akan membayar belanjaan yang dipilih, pelaku tiba-tiba mengancam kasir dan pegawai yang ada di toko dengan sebilah golok. 

“Pelaku mengambil uang yang ada di meja kasir Indomaret sebesar Rp17 juta lebih," kata Margana. 

3. Ini kronologinya

Nekad Beraksi Siang Hari, Perampok di Tangsel Jadi Bulan-bulanan WargaIlustrasi maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Selanjutnya, pelaku IR masuk ke ruang kasir yang dijaga oleh pegawai Indomaret. Setelah masuk ke dalam ruangan kasir, pelaku langsung menodongkan sebilah golok sambil mengancam korban.

“Pelaku bilang, 'serahkan uang semua, kalau teriak saya bacok.' Baik pelapor dan saksi (pegawai) ketakutan sehingga diam saja. Selanjutnya pelaku langsung mengambil uang yang ada di dalam meja kasir dan dimasukan kedalam tas milk pelaku,” jelasnya. 

Setelah berhasil mengambil uang tersebut, pelaku IR meninggalkan TKP. Kesempatan itu gak disia-siakan oleh pegawai Indomaret. Saat pelaku ada di parkiran toko dan akan meninggalkan TKP dengan sepeda motor, dengan cepat pegawai Indomaret menarik baju yang dikenakan oleh pelaku. 

“Sehingga pelaku jatuh dan pelapor bertetiak meminta tolong dan pelaku akhirnya berhasil diamankan,” jelas Margana.

Baca Juga: Potret Para Penyintas di Kampung Kusta Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya