Sariawan Gejala Umum HIV/AIDS, Dokter Gigi Jadi Pendeteksi Awal HIV 

570 dokter se-Indonesia ikuti webinar RSUD Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Sebanyak 570 dokter umum, gigi, hingga spesialis dari beberapa daerah di Indonesia mengikuti webinar penambahan pengetahuan terkait Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang diselenggarakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Acara tersebut digelar dalam rangka Hari Aids sedunia yang jatuh pada Rabu,1 Desember 2021.

"Alhamdulillah sekitar 570, dari daerah-daerah lain. Palembang, kalimantan, dari luar pulau jawa juga ikut serta. Kemarin juga mereka menyambut baik. Kita testimoni mereka senang dengan materinya," kata Direktur RSUD Kota Tangerang, Taty Damayanty, Kamis (2/12/2021).

Dalam seminar tersebut, salah satu materi yang disampaikan adalah pengetahuan untuk dokter gigi bisa menjadi pendeteksi awal HIV. Sebab sariawan menjadi salah satu gejala umum HIV loh.

Simak nih penjelasannya.

Baca Juga: Dari 2018, RSUD Kota Tangerang Sudah Rawat 500 Orang Pasien HIV 

1. Isu HIV hampir tenggelam karena COVID-19

Sariawan Gejala Umum HIV/AIDS, Dokter Gigi Jadi Pendeteksi Awal HIV Ilustrasi: Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Taty menjelaskan, acara yang mengangkat tema ini menjadi penting lantaran isu HIV ini hampir tenggelam selama gelombang adanya pandemik COVID-19.

Penyakit ini, kata Taty, seperti fenomena gunung es. "Keliatanya sedikit kalau kita gali kemungkinan banyak," kata dia.

2. Salah satu gejala umum HIV: sariawan

Sariawan Gejala Umum HIV/AIDS, Dokter Gigi Jadi Pendeteksi Awal HIV ANTARA FOTO/Fauzan

Taty mengatakan, dalam perkembangannya, peran dokter gigi dalam deteksi HIV menjadi sangat penting. Sebab, salah satu gejala umum yang terjadi pada pengidap HIV/AIDS adalah sariawan.

"Untuk HIV/AIDS ini jadi salah satu penyebab kematian dengan HIV/AIDS bukan virusnya secara langsung, dia ada gejala banyak sariawan penuh, sampai ke arah lidah-lidah. Jadi itu kemarin kita dokter gigi juga harus tahu gejalanya dini daripada HIV/AIDS," kata dia.

3. Dokter gigi bisa jadi skrining awal HIV

Sariawan Gejala Umum HIV/AIDS, Dokter Gigi Jadi Pendeteksi Awal HIV Ilustrasi Dokter Gigi di Tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Rani Handayani salah satu dokter penyakit mulut yang menangani pasien HIV di RSUD Kota Tangerang menyebut, dengan tambahan pengetahuan para dokter gigi bisa berperan menjadi skrining awal HIV.

"Misalkan berobat didapat ada jamur di mulut sebagaimana manifestasi oral berbagai anamesa lebih dalam mungkin bisa di gali faktor risiko," kata Rani.

Baca Juga: Kurangnya Perhatian pada Perempuan Korban Kekerasan dengan HIV/AIDS

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya