Sering Diserang Hacker, Pemkot Tangerang Bentuk Tim Keamanan Siber 

Ribuan serangan siber ke Pemkot Tangerang terus terjadi

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Kota Tangerang membentuk tim siber anti peretasan bernama CSIRT atau kepanjangan dari Computer Security Incident Response Team pada Senin (21/2/22).

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Mulyani mengungkapkan, CSIRT merupakan tim yang dibentuk untuk merespons berbagai permasalahan dalam bidang teknologi informasi, terutama dalam menangani masalah keamanan informasi seperti serangan atau insiden siber.

“Sebenarnya, Kota Tangerang CSIRT sudah dibentuk pada 22 Desember 2021 melalui keputusan Wali Kota Tangerang. Hal ini juga sesuai dengan amanat UU, untuk menangani serangan-serangan siber terhadap sistem aplikasi lembaga,” kata Mulyani, dalam keterangan tertulis.

1. CSIRT akan mampu halau para peretas aplikasi milik Pemkot Tangerang

Sering Diserang Hacker, Pemkot Tangerang Bentuk Tim Keamanan Siber Dok. Pemkot Tangerang

Mulyani menjelaskan, CSIRT dibentuk untuk monitoring, menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber. Tim ini dibentuk dengan tujuan melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamana siber yang terjadi.

Dengan itu, CSIRT dinilai cukup penting untuk keamanan sistem aplikasi Pemkot Tangerang.

2. Hingga Februari, ada 74 ribu serangan siber ke sistem Pemkot Tangerang

Sering Diserang Hacker, Pemkot Tangerang Bentuk Tim Keamanan Siber Ilustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebab, kata Mulyani hingga Februari ini sudah ada 74 ribu serangan yang masuk ke sistem Kota Tangerang, namun masih dapat ditangani.

“Serangan atau insiden siber yang masuk ke Kota Tangerang bisa dibilang hampir setiap hari. Dengan itu, Kota Tangerang CSIRT ini memang sangat penting dan dibutuhkan, untuk lebih menjaga keamanan yang harus dijaga Diskominfo,” kata Mulyani.

3. Diskominfo diharap kerja sama dengan CSIRT

Sering Diserang Hacker, Pemkot Tangerang Bentuk Tim Keamanan Siber Ilustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman menuturkan, melalui CSIRT Pemkot Tangerang berharap dapat lebih cepat dan tepat dalam merespon insiden keamanan informasi.

“Kami berharap, teman-teman di Diskominfo dapat bekerjasama dengan CSIRT yang lain begitu juga dengan BSSN secara baik,” imbaunya.

Baca Juga: Tim eSports Asal Tangerang Lolos Kompetisi Nasional, Keren!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya