Usut Pungli Bansos, Kejaksaan Akan Periksa Ribuan Warga Tangerang

Mereka adalah para penerima bansos

Kota Tangerang, IDN Times - Kejaksaan Negeri Kota Tangerang akan memeriksa secara maraton ribuan warga Kota Tangerang terkait dugaan pungutan liar penyaluran dana bantuan sosial. 

"Se-Kota Tangerang nanti kita periksa semua nanti, terkait Bansos ini. baik bentuknya berupa uang maupun sembako mulai dari 2017 hingga 2021 ini," kata Kepala Seksie Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Tangerang R Bayu Probo Sutopo, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Kamu Temukan Pungli Dana Bansos d Kota Tangerang? Adukan ke Nomor Ini!

1. Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang sudah dipanggil

Usut Pungli Bansos, Kejaksaan Akan Periksa Ribuan Warga TangerangArief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Bayu menegaskan, kasus bansos yang tengah diusut oleh Kejaksaan tidak hanya terkait temuan dari sidak Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini saja, akan tetapi jauh sebelum itu.

"Mulai dari sebelum temuan Bu Risma ya," kata dia.

Tidak hanya ratusan ribu warga, lanjutnya, pihaknya juga telah memanggil Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Suli Rosadi untuk dimintai keterangan."Tetapi (Suli) belum bisa hadir karena masih sakit," kata dia.

Baca Juga: Risma Sebut Kota Tangerang Terparah Soal Potongan Uang Bansos

2. Kejaksaan masih mengumpulkan data mengenai penyaluran dana bansos ini

Usut Pungli Bansos, Kejaksaan Akan Periksa Ribuan Warga TangerangWarga mengantre untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kantor Pos Warunggunung, Lebak, Banten, Minggu (17/5).(ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Bayu mengaku, pihaknya saat ini masih mencari data dari satu wilayah untuk dikembangkan ke wilayah lainnya.

"Kita (Kejari) masih dicari dulu data datanya, dari satu wilayah itu kita kembangin. Karena ini, masih koordinasi dengan kantor pos. Lagi meriksa ini," ucapnya.

3. Sebanyak 10 orang sudah dimintai keterangan

Usut Pungli Bansos, Kejaksaan Akan Periksa Ribuan Warga TangerangIlustrasi: Petugas memotret warga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Besar, Kediri, Jawa Timur, Selasa 12/5/2020, (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, I Dewa Gede Wirajana menyebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang dalam kasus.

“Kami baru kemarin membuat sprin (surat perintah) dan telah mengumpulkan bukti-bukti dan data-data,” kata Wira.

Baca Juga: Curhat ke Mensos, Warga Miskin Tangerang: Bansos Dipotong Gocap

Baca Juga: Wali Kota Arief Murka, Uang Bansos Dipotong Gocap oleh Oknum

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya