Comscore Tracker

DPW Partai Berkarya: SS Perencana Kerusuhan Aksi 212 Caleg Eksternal

SS tidak termasuk dalam struktur Partai Berkarya

Kota Tangerang, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Banten membenarkan jika SS, terduga perencana kerusuhan atau chaos dengan bahan peledak di aksi Mujahid 212, Sabtu (28/9) lalu, sempat mencalonkan diri sebagai anggota  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.

SS merupakan caleg DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Cilegon. Tapi SS gagal melenggang ke Senayan karena tak mampu meraih banyak suara.

Baca Juga: Terduga Pelaku Perencana Chaos Aksi Mujahid 212 Mantan Caleg DPR RI

1. SS disebut baru bergabung dengan Partai Berkarya

DPW Partai Berkarya: SS Perencana Kerusuhan Aksi 212 Caleg EksternalIDN Times/Candra Irawan

Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten, Helldy Agustian mengatakan, SS baru bergabung dengan Partai Berkarya dan maju sebagai caleg. 

"SS baru kemarin saja bergabung dengan Partai Berkarya, dan SS juga mencalonkan diri dari eksternal partai," jelasnya saat dihubungi IDN Times.

2. Ketua DPW: SS tidak tercantum dalam struktural partai

DPW Partai Berkarya: SS Perencana Kerusuhan Aksi 212 Caleg EksternalIDN Times/Candra Irawan

Helldy menjelaskan, SS tercantum dalam calon sementara Partai Berkarya Dapil II Banten lengkap dengan pangkat terakhirnya sebagai Laksamana Muda TNI (Purn). SS tidak masuk ke dalam struktural kepengurusan DPW Partai Berkarya Provinsi Banten.

"Kalau kita itu kan secara nasional ya, itu kan DPR RI dan kalau caleg Banten ya dari Banten. Artinya beda, pendaftaran pencalegan Beliau kan di KPU RI dan bukan di sini (Banten)," ujarnya.

3. Proses pencalegan SS ada di pusat

DPW Partai Berkarya: SS Perencana Kerusuhan Aksi 212 Caleg EksternalIDN Times/Arief Rahmat

Helldy menegaskan, proses pencalegan SS tidak terkait di DPW Partai Berkarya Provinsi Banten, karena pihaknya hanya mengurus proses pencalegan untuk DPR dan DPRD di Provinsi Banten.

"Kalau Beliau pernah mencalonkan diri benar dan Beliau sepengetahuan saya tidak termasuk ke dalam struktur ke partaian kami, baik di Banten maupun di pusat. Nama Beliau tidak ada jadi secara eksternal, karena Beliau mantan itu kan," kata Helldy.

4. SS diamankan polisi karena dugaan merencanakan kerusuhan di aksi Mujahid 212

DPW Partai Berkarya: SS Perencana Kerusuhan Aksi 212 Caleg EksternalIDN Times/Candra Irawan

Sebelumnya diberitakan, satu dari enam terduga pelaku yang diamankan Polda Metro Jaya atas dugaan merencanakan kerusuhan atau chaos dengan bahan peledak pada aksi massa Mujahid 212 pada Sabtu (28/9) lalu, diketahui merupakan warga Kota Tangerang, Banten.

Terduga pelaku SS berdomisili di dua perumahan, pertama di Perumahan Taman Royal 2 Cluster Pajajaran dan di Perumahan Cipondoh Makmur Blok E/VI 18, Kecamatan Cipondoh.

Pantauan IDN Times, dua rumah milik SS sangat sepi dari aktivitas. Banyak warga yang tidak mengetahui bahwa SS saat ini sudah diamankan polisi.

Berdasarkan penelusuran, SS dikenal sebagai sosok yang ramah, dia juga diketahui merupakan mantan perwira tinggi di TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: Banyak Pelajar di Aksi 212 Tidak Tahu Duduk Perkara yang Disuarakan

Topic:

  • Sunariyah

Just For You