Comscore Tracker

Tetangga Penusuk Wiranto: Anak Pelaku Juga Diamankan

RA dibawa Polwan saat kedua orangtuanya ditangkap

Kabupaten Pandeglang, IDN Times - Pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto pada Kamis (10/10) kemarin diduga mengajak putrinya yang berinisial RA, 13 tahun. Hal itu disampaikan warga RT 04/01 Kampung Sawah Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, tetangga tempat tinggal kedua pelaku.

Pasalnya, pada saat peristiwa terjadi pelaku Syarial Alamsyah alias Abu Rara bersama sang Istri FD, terlihat membawa putri mereka ke Alun-alun Menes.

Setelah peristiwa mencekam itu, putri dari pasangan yang diduga terpapar jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi itu langsung pulang ke rumah sambil menangis. Hal itu dijelaskan Suriyah, 47 tahun, tetangga pelaku.

"Tadinya anaknya itu kan ke alun-alun, pas tahu-tahu dia pulang sambil nangis. Saya tanya 'kok bisa' dan dia jawab kalau abis ditangkap polisi," jelasnya kepada IDN Times, saat ditemui dilokasi, Jumat (11/10).

1. Karena kerap kekurangan secara matera, pelaku disangka warga, ditangkap karena mencuri

Tetangga Penusuk Wiranto: Anak Pelaku Juga DiamankanIDN Times/Candra Irawan

Mendapati pernyataan putri Syarial Alamsyah alias Abu Rara dan FD itu, Suriyah sempat berpikir pasangan suami istri itu ketahuan mencuri barang. "Keluarga itu banyak kekurangannya, seperti makanan sering saya kasih. Pakaiannya juga compang-camping terus, tidak pernah masak. Namanya ibu kita bertetangga kasian dan saya enggak curiga kalau dia mencuri awalnya," ujarnya.

Baca Juga: Pascapenusukan Wiranto, Aparat Perketat Penjagaan Alun-Alun Menes

2. RA dibawa Polwan bersama kedua orang tuanya

Tetangga Penusuk Wiranto: Anak Pelaku Juga DiamankanIDN Times/Candra Irawan

Suriyah menuturkan, saat orangtuanya ditangkap, RA pun dibawa. "Di situ ada Polwan yang jemput RA, dan waktu penggeledahan juga tidak boleh ada yang rekam serta dikasih jarak 100 meter," ucapnya.

3. Hanya RA yang kerap berinteraksi dengan warga

Tetangga Penusuk Wiranto: Anak Pelaku Juga DiamankanIDN Times/Candra Irawan

Suriyah mengaku, RA sangat dikenal aktif berinteraksi dengan tetangganya. Ia kerap bermain bersama anak seusianya di sekitar kontrakan tersebut.

RA diketahui para tetangga, tidak mengeyam pendidikan. Dia kerap mengeluh ingin bersekolah seperti anak lainnya.

RA merupakan anak pertama dari istri pertama Syarial Alamsyah alias Abu Rara, sementara FD merupakan istri kedua Syarial dan belum dikaruniai buah hati.

"Tinggal di sini sekitar delapan bulan lalu dan bawa istri baru (FD) dua bulan lalu," katanya.

4. Polisi memperketat penjagaan di kontrakan pelaku

Tetangga Penusuk Wiranto: Anak Pelaku Juga DiamankanIDN Times/Candra Irawan

Berdasarkan pantauan IDN Times, rumah kontrakan pelaku di RT 04/01 Kampung Sawah Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang ialah rumah ketiga dari satu deret rumah petak yang total ada sembilan petak. Polisi memasang garis polisi di rumah petak ketiga dan keempa--satu petakan yang persis di samping kontrakan pelaku.

Tampak seorang aparat dengan seragam lengkap dan dipersenjatai senapan laras panjang berjaga di sana. Rencananya aparat polisi yang berjaga dari Polres Pandeglang akan berjaga di sana hingga seminggu ke depan.

Menurut keterangan salah seorang aparat tersebut, rumah di samping kontrakan pelaku turut dipasangi garis polisi untuk kepentingan sterilisasi wilayah usai penggeledahan kemarin. 

Selain itu, ternyata jarak antara alun-alun Menes atau tempat kejadian perkara (TKP) dengan rumah kontrakan pelaku hanya sekitar 1 kilometer. Akses menuju dua tempat itu juga bisa dilalui kendaraan roda dua hingga pejalan kaki.

Hinggai berita ini diturunkan, Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi belum memberikan tanggapan terkait turut diamankannya RA, putri Syarial Alamsyah alias Abu Rara yang berusia 13 tahun.

Baca Juga: Begini Cerita Kapolsek Menes yang Gagalkan Penusukan ke Wiranto

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You