Comscore Tracker

Alasan Banten Belum Masuk Fase Endemik COVID-19 

Rumah sakit dan rumah singgah sudah nol kasus COVID-19

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramidji Hastuti menyatakan Benten belum masuk fase endemik COVID-19, meski sejumlah daerah di Banten sudah nol kasus.

Menurut Ati, pandemik COVID-19 merupakan wabah global, maka pihaknya masih menunggu arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan pemerintah pusat.

"Apalagi Banten meskipun gak ada kasus karena ini global sudah bukan lokal menunggu arahan WHO dan pusat," kata Ati saat dikonfirmasi, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Ombudsman: PPDB SMA di Banten Dibayangi Pelanggaran Kuota Siswa

1. Rumah sakit dan rumah singgah sudah nol pasien COVID-19

Alasan Banten Belum Masuk Fase Endemik COVID-19 ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Ati menyampaikan, saat ini sudah tidak ada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi di rumah singgah di seluruh daerah Banten. Rata-rata kasus aktif yang masih ada di Banten hanya bergejala ringan.

"Kasusnya pun yang masih aktif isoman sudah di bawah 200 atau 0,9 persen lagi," katanya.

2. Jika stagnan hingga akhir pekan, Banten diklaim bebas COVID-19

Alasan Banten Belum Masuk Fase Endemik COVID-19 Ilustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Bahkan, lanjut Ati, hingga saat ini penambahan kasus di Banten semakin hari makin melandai meski setelah libur panjang Lebaran. Rata-rata kasus baru di bawah 15 kasus dan itupun hanya berada di Tangerang Raya.

Dari semua kasus yang ada tidak ada yang masuk gejala berat maupun sedang.

"Ketika sampai sabtu depan masih stagnan insya Allah kita bisa bebas," katanya.

3. Masyarakat sudah boleh melepas masker

Alasan Banten Belum Masuk Fase Endemik COVID-19 Seorang staf memakai masker dalam perjalanan menggunakan kereta metro saat uji coba sebelum kembali beroperasi, ditengah penyebaran wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kolkata, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Dengan makin terkendalinya kasus COVID-19 tersebut, masyarakat sudah diizinkan untuk melonggarkan protokol kesehatan seperti boleh melepas masker saat berada di ruangan terbuka.

"Tapi untuk di dalam ruangan kita sedikit dibatasi terutama untuk yang sedang sakit, lebih baik menggunakan masker," katanya.

Baca Juga: Staf Ahli Gubernur Banten M Tranggono Resmi Jabat Sekda Banten  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya