Comscore Tracker

Efek Tsunami, Perayaan Malam Pergantian Tahun di Pantai Carita Sepi

Warga lebih memilih menghabiskan waktu di tempat ibadah

Banten, IDN Times- Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menyatakan situasi keamanan dan ketertiban pada malam tahun baru di Provinsi Banten berjalan aman, lancar dan damai. Termasuk di lokasi-lokasi objek wisata seperti Anyer-Carita.

"Sampai dengan saat ini (aman) tidak ada laporan apapun. Kondisi wisata di Anyer, Carita normal, tidak ada peningkatan apapun seperti hari-hari biasa," kata Kapolda kepada wartawan di Kota Serang, Rabu (1/1).

1. Perayaan malam pergantian tahun berjalan kondusif

Efek Tsunami, Perayaan Malam Pergantian Tahun di Pantai Carita SepiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain objek wisata, titik strategis nasional seperti Pelabuhan Merak pelaksanaan perayaan malam tahun baru masih kondusif tidak ada kejadian berarti.

Situasi kondusif tersebut, kata Kapolda, berkat adanya kerja sama antara Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat.

"Tentunya kita berharap malam ini tahun baru juga dapat dilewati dengan baik, tidak ada kejadian apapun," katanya.

Baca Juga: Satu Tahun Tsunami Banten, Okupansi Hotel Baru 20 Persen

2. Mayoritas warga Banten lebih memilih menghabiskan waktu di tempat ibadah

Efek Tsunami, Perayaan Malam Pergantian Tahun di Pantai Carita SepiDok. IDN Times/Istimewa

Jenderal bintang dua itu juga mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan banyak masyarakat menghabiskan malam tahun baru untuk berdoa dan berzikir di tempat-tempat ibadah.

"Kami melihat justru di tempat-tempat ibadah banyak masyarakat melaksanakan doa bersama," ujarnya.

3. Warga masih trauma menghabiskan malam pergantian tahun di pantai

Efek Tsunami, Perayaan Malam Pergantian Tahun di Pantai Carita SepiIDN Times/khaerul anwar

Sementara penjaga pantai Karangsari, Carita, Rohman mengatakan, wisatawan yang datang untuk menikmati malam pergantian tahun di pantai tersebut masih minim. Hal ini menurutnya, karena wisatawan masih trauma peristiwa tsunami satu tahun lalu.

"Sepi ini ada cuma ada beberapa mobil aja gak begitu ramai. Paling sekitar 10 orang. Kalau sebelum tsunami siang saja sudah ramai penuh macet semenjak tsunami kemarin aja kali pada trauma," katanya.

Kembang api yang biasanya menghiasi langit pantai pun hanya terlihat di beberapa titik saja. Alunan suara terompet yang menambah keceriaan malam pergantian tahun seakan hilang bak ditelan bumi.

"Ini mah pengunjung gak ada yang merayakan mayoritas di Pantai Carita sepi. Biasanya kembang api terompet. Ini mah yang jual kembang api aja gak ada di lokasi sini," katanya.

Baca Juga: Cerita dari Carita, Satu Tahun Usai Silent Tsunami di Banten

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya