Arief Ingatkan Pegawai Ritel Tak Mainkan Penjualan Minyak Goreng

Wali Kota Tangerang ingin stok minyak goreng terdistribusi

Kota Tangerang, IDN Times - Indikasi permainan dari pekerja ritel modern kecil yang menjual minyak goreng kepada warga yang memesan sebelum minyak gorengnya datang, menyeruak di tengah kelangkaan komoditas itu. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah pun meminta pegawai di ritel-ritel modern untuk tidak bermain-main dengan penjualan minyak goreng.

"Jadi semua sama. Jadi kita ingin menutup semua kemungkinan celah terjadinya spekulasi dan manipulasi di dalam kondisi logistik minyak goreng di Kota Tangerang," kata Arief, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga: Hujan Deras Picu 11 Titik di Kota Tangerang Terendam Banjir

1. Arief ingin harga minyak goreng stabil

Arief Ingatkan Pegawai Ritel Tak Mainkan Penjualan Minyak GorengArief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Arief mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menstabilkan harga minyak goreng dengan cara menekan upaya-upaya manipulasi yang mungkin saja dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi ini.

"Kan hitungannya, rata-rata satu keluarga butuh 6-7 liter per bulan dan jumlah keluarga di Tangerang sekitar 400 ribuan, dan semuanya kan gak mesti beli tapi pasti bergantian," kata dia. 

Suplai ini, yang menurut dia, harus diamankan dan tercukupi. Arief juga berharap, tidak ada lagi persoalan minyak goreng langka di kemudian hari. 

2. Stok minyak goreng di Kota Tangerang ada ratusan ribu liter, tapi harga masih tinggi

Arief Ingatkan Pegawai Ritel Tak Mainkan Penjualan Minyak GorengStok minyak goreng kelapa sawit di Indomaret Kemanggisan, Jakarta Barat kosong. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sebelumnya, Wali Kota Arief juga memastikan kecukupan stok minyak di Kota Tangerang.  Namun, Arief mengakui, kebanyakan dari jumlah stok itu merupakan barang yang masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Ada barangnya, tapi harganya yang sesuai denga harga eceran tertinggi ini terbatas," kata Arief usai rapat bersama pimpinan beberapa instansi, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga: Ada 372 Ribu Liter Stok Minyak Goreng di Tangerang, Tapi Harga Tinggi

3. Kebanyakan stok ada di di luar ritel modern, seperti warung dan toko

Arief Ingatkan Pegawai Ritel Tak Mainkan Penjualan Minyak GorengStok minyak goreng (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Arief mengatakan, dari stok yang ada di Kota Tangerang kebanyakan berada di toko ritel nonmodern.

"Jumlahnya sekarang stok di kota Tangerang 372 ribu yang ada di ritel kota Tangerang ada 179 ribu liter. Kebanyakan harga (minyak goreng) yang ada di toko dan ritel, warung,  tinggi, di atas HET," kata Arief.

Baca Juga: Tahun 2022, 50 SD Negeri di Kota Tangerang Bakal Digabung

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya