Porprov VI Banten 2022, 6 Ribu Atlet Berlaga di 47 Cabang Olahraga

Kota Tangerang sebagai tuan rumah siapkan 1.025 atlet

Tangerang, IDN Times - Ribuan atlet dari delapan wilayah di Banten akan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten di Kota Tangerang 11-22 November 2022. Saat ini, para kontingen telah mendaftarkan cabang olahraga yang akan ikuti ke Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten untuk berlaga.

Sekretaris KONI Banten Koswara Poerwasasmita menjelaskan, tahapan selanjutnya adalah enter by name atau mendaftar nama atlet untuk cabang olahraga yang diikuti. KONI pun kata Koswara bakal mengeluarkan surat keterangan (SK) untuk nomor pertandingan.

"Untuk nomor pertandingan banyak juga, untuk total kan itu harus masing-masing dari kontingen," ujarnya, Senin, (6/6/2022).

Baca Juga: Dua Proyek untuk Porprov Banten 2022 Belum Rampung

1. Ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov VI Banten 2022

Porprov VI Banten 2022, 6 Ribu Atlet Berlaga di 47 Cabang OlahragaIrfan Maulana

Total, terdapat 47 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada event olahraga 4 tahunan ini. Jumlah ini bertambah 5 cabang olahraga dari 42 yang sebelumnya sudah disahkan. "Dari 42 ke 47," kata Koswara.

Lima cabang olahraga tambahan itu adalah tenis lapangan, drumband, layar, petanque, e-sport, woodball, dan golf.

2. Diperkirakan ada 6 ribu atlet berlaga pada Porprov VI Banten 2022

Porprov VI Banten 2022, 6 Ribu Atlet Berlaga di 47 Cabang OlahragaIrfan Maulana

Koswara mengatakan jumlah atlet yang berlaga pada Porprov VI Banten 2022 akan bertambah bila dibandingkan pada 2018 lalu di Kabupaten Tangerang. Kala itu, ada sekitar 4 ribu atlet yang berlaga.

Sementara di Porprov 2022, dia memperkirakan akan ada 6 ribu atlet yang berlaga. "Kalau diperkirakan dari kabupaten kota misalnya, 500 (atlet) kirim. Itu sudah 4 ribuan. Kalau asumsikan kan ada yang 800, 600, diperkirakan bisa sampai 6 ribu," katanya.

3. KONI minta bantuan anggaran ke Pemerintah Provinsi Banten untuk pelaksanaan Porprov

Porprov VI Banten 2022, 6 Ribu Atlet Berlaga di 47 Cabang OlahragaIrfan Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyediakan anggaran Rp40 miliar untuk pelaksanaan Porprov VI Banten 2022 ini. Namun, angka itu akan bertambah. 

Koswara mengatakan, KONI saat ini telah mengajukan anggaran tambahan ke Pemerintah Provinsi Banten, namun jumlahnya belum dapat diketahui. KONI, kata dia, sudah bertemu dengan pejabat Pemprov Banten untuk membahas upaya anggaran Porprov 2022 masuk APBD perubahan. 

"Kalau asumsinya kabupaten Tangerang, kemarin Rp8 miliar (jumlah bantuan), kita kan harap ada peningkatan, lebih besar, tapi kita belum tahu. Ini kita dorong terus," tambah Koswara.

4. Kota Tangerang siapkan 1.025 atlet

Porprov VI Banten 2022, 6 Ribu Atlet Berlaga di 47 Cabang OlahragaInstagram

Kontingen tuan rumah, Kota Tangerang menyiapkan 1.025 atlet untuk berlaga di Porprov VI Banten ini. Ketua KONI Kota Tangerang, Hadi Rusman mengaku, pihaknya melakukan pemusatan latihan dan tes fisik. 

"Ya mudah-mudahan kita bisa juara umum. Kalo sekarang kita gak mau ambisius juara umum. Tapi kita tetap harus lihat nanti kekuatan di akhir nanti," ungkapnya.

Baca Juga: KONI Ingatkan Kontingen yang Pakai Atlet Cabutan di Porprov VI Banten

Irfan Maulana Photo Community Writer Irfan Maulana

Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya