Comscore Tracker

Mudik Lebaran Dilarang, tapi Citilink Tetap Buka Penerbangan

Sempat mengeluarkan surat edaran penghentian operasional

Tangerang, IDN Times - Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Lebaran. Permenhub tersebut mengatur larangan operasional transportasi mulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Namun, maskapai Citilink mengeluarkan surat edaran menyatakan tetap membuka penerbangan selama periode larangan mudik tersebut. 

Padahal, sebelumnya maskapai tersebut sempat mengeluarkan pemberitahuan terkait pemberhentian sementara pengoperasian seluruh penerbangan domestik mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Pemberitahuan itu dikeluarkan, Sabtu (10/4/2021).

Namun, berdasarkan informasi diperoleh, pihak Citilink telah membatalkan pemberitahuan tersebut. Penerbangan Citilink rute domestik tetap beroperasi. 

Baca Juga: Terbang Uji Coba Lancar, Citilink Siap Buka Rute Jakarta-Purbalinga

1. Penerbangan diperuntukkan untuk penumpang dikecualikan dalam SE Nomor 13 2021

Mudik Lebaran Dilarang, tapi Citilink Tetap Buka Penerbanganinstagram.com/citilink

Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan, penerbangan Citilink tetap beroperasi pada masa larangan mudik. 

"Dapat kami informasikan bahwa saat ini penerbangan Citilink pada periode tersebut masih beroperasi dan diperuntukan bagi masyarakat yang memenuhi kriteria untuk melakukan perjalanan sesuai dengan ketentuan pada Surat Edaran Gugus Tugas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021," kata Resty.

2. Batasi kapasitas penumpang

Mudik Lebaran Dilarang, tapi Citilink Tetap Buka PenerbanganPapan informasi penerbangan di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Seperti diketahui, pemerintah telah menerbitkan larangan mudik 6-17 Mei 2021. Namun ada masyarakat tertentu yang dikecualikan dari pelarangan tersebut. 

"Adapun terkait dengan adanya larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah, Citilink mendukung penuh upaya Pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19 dan akan melakukan penyesuaian kapasitas penerbangan sesuai dengan demand yang ada," ujar Resty.

3. Layani distribusi logistik

Mudik Lebaran Dilarang, tapi Citilink Tetap Buka PenerbanganPrajurit TNI dan anggota Basarnas mengeluarkan logistik untuk korban gempa bumi Mamuju dan Majene dari pesawat Hercules A 1321 TNI AU saat tiba di Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Resty mengatakan, operasional pesawatnya tersebut dilakukan agar memenuhi layanan transportasi udara. 

"Sejalan dengan komitmen Citilink untuk memastikan pemenuhan kebutuhan layanan transportasi udara untuk masyarakat yang berkepentingan maupun distribusi logistik dapat terpenuhi dengan baik," tambahnya. 

Baca Juga: Pesawat Citilink Rute Yogyakarta Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hatta

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya