Comscore Tracker

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli ya

Ingat, kamu tetap disiplin protokol kesehatan ya

Ketika pulang berkunjung dari Kota atau Kabupaten Serang, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa pulang oleh oleh khas. 

Sama seperti daerah lainnya, Serang pun memiliki makanan khas yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga atau sahabat terdekat kamu. 

Berikut 9 jenis makanan khas yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Serang.

1. Sambel Burog

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yaInstagram.com/belanga.id

Sambel Burog memiliki rasa yang unik, berbeda dengan jenis sambal lainnya, karena terbuat dari bahan kulit melinjo. Sambal ini cocok untuk dikonsumsi dengan aneka menu kuliner lainnya sebagai pelengkap lauk.

2. Pasung merah

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yaKue Pasung (haipedia.com)

Salah satu oleh-oleh khas Serang yang banyak diburu oleh para wisatawan adalah kue basah bernama pasung merah. Kue basah ini terbuat dari bahan berupa tepung sagu, tepung beras, santan, dan gula merah.

Pasung merah diolah dengan cara dikukus dan tampilannya terlihat agak kecoklatan, karena adonan dicampur dengan gula merah. Rasa dari kue khas Serang ini sangat manis dan legit, dan biasanya dikemas dengan daun pisang.

3. Kerupuk ikan

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yakrupuk.id

Bagi kamu para pecinta jajanan kerupuk, maka kerupuk ikan khas Serang bisa menjadi makanan yang tidak boleh terlewatkan. Kerupuk ikan khas Serang cocok untuk dijadikan sebagai camilan menemani waktu santai ataupun dijadikan sebagai lauk pendamping nasi.

Baca Juga: 7 Hotel Murah di Tangerang Raya, Staycation Gak Bikin Bangkrut

4. Otak-otak

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yaprasmanan.com

Menu kuliner selanjutnya yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah Otak-Otak khas Pandeglang yang rasanya gurih dan nikmat. Otak-otak umumnya terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka, santan, sedikit gula, dan bumbu-bumbu lainnya. 

5. Gipang

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yasenengpiknik.com/

Gipang merupakan makanan ringan bertekstur renyah yang terbuat dari ketan dengan rasa yang manis dan sedikit lengket. Makanan ini biasanya dikemas dalam plastik ataupun toples dan banyak dijual sebagai oleh oleh khas Serang.

Kamu bisa menemukan makanan manis ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Serang dan harganya cukup terjangkau. Rasa manis Gipang muncul karena ketan diolah bersama dengan air gula.

6. Emping

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yaInstagram.com/renyahdangurih

Karena Kota Serang terkenal sebagai penghasil melinjo, maka olahan makanan dari bahan melinjo pun banyak, salah satunya Emping. Melinjo yang digunakan biasanya sudah cukup tua, kemudian melinjo diolah dengan cara digoreng menggunakan pasir.

Setelah digoreng, melinjo tersebut kemudian dipukul-pukul hingga bentuknya pipih, dan makanan ini memiliki rasa yang unik. Hampir semua toko oleh-oleh di Serang menjual makanan berbahan melinjo ini, sehingga kamu lebih mudah untuk membelinya.

7. Sate bandeng

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yaresepbiyen.com

Sate bandeng khas Serang dijadikan sebagai oleh oleh yang tepat untuk diberikan pada keluarga ataupun kaum kerabat. Kamu bisa memilih untuk membeli Sate Bandeng kukus bertekstur lembut, atau Sate Bandeng asap yang bertekstur kering.

8. Ceplis

9 Oleh-oleh Khas Serang Paling Populer, Jangan Lupa Beli yainstagram.com/julfahmamah/

Selain gipang, kamu juga bisa membeli makanan ringan khas Serang bernama ceplis yang terbuat dari melinjo. Camilan ini terbuat dari melinjo yang dipipihkan, lalu digoreng dan diberikan bumbu-bumbu dengan rasa yang beragam, seperti pedas manis.

Baca Juga: 8 Hotel di Serang yang Nyaman untuk Menginap Usai PPKM

9. Kue balok

Oleh-oleh khas Kota Serang selanjutnya adalah kue balok, yang terdiri dari 2 varian yakni dari Pandeglang dan Garut. Kue balok dari Pandeglang terbuat dari singkong dan rasanya cenderung gurih, karena biasa dikonsumsi dengan serundeng.

Sedangkan kue balok khas Garut memiliki rasa yang manis dan legit, dan wujudnya menyerupai kue brownies. Kamu bisa memilih jenis Kue Balok yang cocok sesuai selera, dan harga yang ditawarkan untuk oleh-oleh ini tergolong murah.

Itulah beberapa jenis oleh oleh khas Serang yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang saat kembali ke daerah asal. Supaya tidak kesulitan dalam membeli, kamu bisa langsung mengunjungi berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Serang.

Ingat selalu, kamu wajib menerapkan protokol kesehatan ya. Pandemik COVID-19 masih belum selesai

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya