TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biaya Perawatan Satu Pasien COVID-19 di RSUD Banten Rp25 Juta per Hari

Semua biaya pasien COVID-19 ditanggung pemerintah

Dok.Yankes RUSD Banten

Serang, IDN Times - Biaya perawatan pasien kasus virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten cukup fantastis. Untuk perawatan satu pasien di rumah sakit rujukan khusus COVID-19 di tanah Jawara itu, butuh dana hingga Rp25 juta per hari.

Hingga hari ini, Kamis (25/6), tercatat ada sebanyak 70 pasien kasus COVID-19 yang dirawat di RSUD Banten.

Baca Juga: Anggaran Rapid Test di Banten Lebih dari Rp25 Miliar

1. Biaya pasien gejala ringan, membutuhkan dana Rp10 juta per hari

Ilustrasi. Pasien COVID-19 berhasil sembuh (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menjelaskan, bagi pasien dengan gejala ringan, mendapat perawatan di ruang isolasi biasa dengan besaran biaya perawatan Rp10 juta per hari.

Sementara itu, bagi pasien COVID-19 dengan gejala serius harus dilakukan tindakan di ruang ICU, dengan total biaya tindakan mencapai Rp25 juta per hari.

"Paling cepat pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Banten mencapai 14 hari sampai 30 hari, tergantung pada kondisi klinis dan penyakit bawaan pasien,” kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (25/6).

2. Biaya pemakaman jenazah COVID-19 mencapai Rp4 juta

Ilustrasi pemakaman korban COVID-19 (Dok. ANTARA FOTO)

Sementara, untuk biaya penanganan jenazah orang yang terpapar virus yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut sebesar Rp4 juta. Menurut Ati, seluruh biaya perawatan pasien COVID-19 di Provinsi Banten itu dibiayai oleh pemerintah daerah (pemda), termasuk biaya penanganan jenazah COVID-19 yang harus ditangani secara khusus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Biaya pembangunannya sekitar Rp3-4 juta, dari mulai pemulasaraan, peti jenazah, sampai di antar ke tempat penguburan,” ujarnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Berita Terkini Lainnya