TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkab Tangerang Minta Pengelola Taman Solear Antisipasi Cacar Monyet

Di Taman Solear, banyak monyet liar berkeliaran

ilustrasi cacar monyet (netec.org)

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meminta pengelola wisata Taman Solear, Cikupa untuk mengantisipasi adanya penyebaran cacar monyet atau monkeypox. Hal tersebut lantaran, tempat wisata tersebut terkenal dengan banyaknya monyet liar yang biasa berinteraksi dengan pengunjung.

"Kita imbau pengelola untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap penyebaran cacar monyet ini," kata Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga: 6 Hotel Buat Staycation di Tangerang, Rekomendasi Buat Kamu

1. Minta pengelola larang pengunjung interaksi dengan monyet liar

Ilustrasi (Pexel/Klub Boks)

Sumihar pun meminta, pengelola untuk tidak memperbolehkan pengunjung Taman Solear tersebut untuk berinteraksi fisik dengan monyet-monyet liar yang ada di tempat tersebut. Hal tersebut lantaran cacar monyet merupakan penyakit zoonosis, sehingga harus diantisipasi penularan dari monyet ke manusia.

"Jika dalam keadaan tertentu, pengunjung mengalami gigitan dari monyet, maka untuk penanganan awal dapat dilakukan observasi apakah pengunjung mengalami gejala yang mengarah seperti monkeypox agar dapat dilakukan isolasi segera," ujar Sumihar.

2. Sudah sebarluaskan informasi soal cacar monyet di masyarakat

ilustrasi monkeypox (pixabay.com/TheDigitalArtist)

Sumihar mengungkapkan, pihaknya saat ini telah menyebarkan informasi mengenai cacar monyet ini di berbagai media. Hal tersebut agar masyarakat bisa waspada jika menemukan gejala paparan.

"Di media sosial, website, juga spanduk yang kita pasang di tempat-tempat umum, sehingga masyarakat tahu bagaimana gejala dan antisipasinya," jelasnya.

Baca Juga: Waspada! Pelaku Hipnotis Berkeliaran di Kota Tangerang

Berita Terkini Lainnya