TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seluruh ICU di RS Rujukan COVID-19 Kabupaten Tangerang Penuh!

Bed RS untuk pasien COVID-19 terisi 80-90 persen

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Seluruh ruang ICU rumah sakit rujukan untuk pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang penuh. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desi Riana Dinardianti, Jumat (18/9/2020).

Desi mengungkap, ruang ICU penuh seiring angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang yang terus meningkat. 

Baca Juga: Bed RS Rujukan COVID-19 di Banten sudah Terisi 60-83 Persen  

1. Terdapat 323 kapasitas tempat tidur di 25 rumah sakit untuk pasien COVID-19 di Kabupaten Tangerang

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sesuai Surat Keputusan (SK) Kementerian Kesehatan dan SK Gubernur Banten, kata Desi, ada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang, yakni RSUD Tangerang, RSUD Balaraja, dan RSU Siloam.

"Jadi total ketersediaan tempat tidur se-Kabupaten dengan 25 rumah sakit dengan tiga rumah sakit rujukan COVID-19 adalah 323 tempat tidur. Memang tingkat huniannya sudah cukup tinggi," kata Desi.

2. Tingkat keterisian tempat tidur RS rujukan COVID-19 di Tangerang mencapai 80-90 persen

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Desi menuturkan, saat ini tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kabupaten Tangerang mencapai 80-90 persen. Bahkan, untuk ruang ICU khusus pasien COVID-19 sudah terisi penuh.  "Dari 323 tempat tidur, berubah setiap hari tingkat keterisiannya," kata dia.

Dia kemudian mencontohkan RS Siloam Kelapa Dua yang memiliki 4 kamar ICU dan semua kini sudah terisi. Selain itu, Siloam juga mengalokasikan 100 bed untuk pasien COVID-19 dan semuanya terisi. 

3. Penambahan kapasitas ICU untuk pasien COVID-19

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Desi menerangkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para direktur rumah sakit di Kabupaten Tangerang untuk menyesuaikan ketersediaan tempat tidur. Hal ini penting untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di kemudian hari. 

"Jadi barangkali ada RS yang tambah kapasitas ICU. Seperti RS Siloam Kelapa Dua dan RS Mitra Keluarga ada rencana tambah kapasitas ICU," jelasnya. 

Baca Juga: Hotel Yasmin Gantikan Griya Anabatic Jadi Rumah Isolasi Pasien OTG

4. Pemkab juga sediakan 240 kamar di rumah singgah untuk pasien OTG

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pemkab Tangerang juga telah membuka Hotel Yasmin yang berada di Jalan Raya Binong, Curug, Kabupaten Tangerang untuk pasien COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

"Ada 240 kamar yang disediakan. Di sana juga akan bisa merawat klaster keluarga," jelasnya.

Sebagai perbandingan, angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang per 18 September 2020 total 1.037 orang. Sementara yang masih dirawat sebanyak 141 orang dan isolasi sebanyak 187 orang.

Berita Terkini Lainnya