TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tekan Inflasi di Tangerang, Bulog Mulai Edarkan Beras KPSH

Beras ini berkualitas medium dan harganya diklaim murah

Ilustrasi beras Bulog. IDN Times/Hendra Simanjuntak

Tangerang, IDN Times - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Tangerang mulai menyalurkan beras Ketersediaan Pasokan Stabilisasi Harga (KPSH). Penyaluran beras ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kekhawatiran tingginya angka inflasi Indonesia di daerah Tangerang.

Kepala Bulog Sub Divre Tangerang Nolly Desiyantimengungkapkan, berbagai upaya akan dilakukan Bulog Sub Divre Tangerang, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, dalam memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan dan stabilisasi harga-harga.

"Fungsi kita salah satunya, stabilisasi harga di tingkat produsen dan konsumen. Saat ini stabilsasi harga beras di tingkat konsumen kami telah menyalurkan beras KPSH," kata Kepala Bulog Subdivre Tangerang, Nolly Desiyanti, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Bulog Akan Gelar Bazar Sembako Murah se-Tangerang Raya

1. Beras KPSH diklaim berkualitas medium

Ilustrasi gudang beras (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Dia menerangkan, beras kualitas medium yang disebar Bulog ke masyarakat Tangerang, melalui pedagang-pedagang beras saat ini dijual tidak boleh melebihi harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp9.450 per kilogram (kg).

Sebab, pedagang yang mengambil beras Bulog untuk diedarkan itu, membeli di Bulog dengan harga Rp8.300 per kg.

"Beras medium kita jual 8.300, dari pedagang tidak boleh menjual lebih dari HET beras medium diatas 9.450 tapi rata-rata mereka jual diharga Rp9.000 per kilonya," kata dia.

2. Kemasan 5 kg, harga beras berkisar Rp40 ribuan

Ilustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Sementara, penjualan beras medium Bulog, kata dia, biasanya diedarkan ke pedagang dengan kemasan per 5 kilogram yang dihargai Bulog senilai Rp41.500.

"Kalau pedagang, mereka jual 5 kilo itu Rp45 Ribu, kalau pengecer pasti diatas harga itu," ungkapnya.

Baca Juga: Pria Asal Tangerang Bakal Main Angklung di Puncak Himalaya  

Berita Terkini Lainnya