Comscore Tracker

Waspadai, Jalur Arteri Tangerang Padat Sejak H-5 Lebaran

Waspadai juga titik macet dan rawan kecelakaan

Tangerang, IDN Times - Bagi kamu yang akan mudik, sebaiknya rencanakan perjalananmu mulai sekarang. Salah satu yang wajib kamu pertimbangkan adalah titik macet dan prediksi dimulainya kepadatan lalu lintas. 

Salah satu yang wajib kamu waspadai adalah jalur-jalur di Kabupaten Tangerang. Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota (Polresta) Tangerang memprediksi kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran di jalur arteri Kabupaten Tangerang akan terjadi pada lima hari sebelumnya (H-5).

Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah mengungkap, dua pekan menjelang Lebaran, masih belum terlihat tanda-tanda massa pemudik. Pihaknya pun memperkirakan kepadatan arus lalu lintas terjadi setelah satu hari cuti bersama.

Baca Juga: Gubernur Banten Bolehkan Warganya Mudik

1. Jalur arteri padat mulai 28 April 2022

Waspadai, Jalur Arteri Tangerang Padat Sejak H-5 Lebaranilustrasi orang sedang mudik (unsplash.com/aldrinrachmanpradana)

"Sesuai adanya penetapan cuti bersama, lonjakan arus lalu lintas yang akan terjadi di jalur regional kita (Tangerang) terjadi pada tanggal 28 April atau di H-5 Lebaran,"  Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/4/2022).

Ya, sejak pemerintah pusat membolehkan mudik Lebaran tahun ini, umat Muslim di perantauan bersemangat untuk pulang kampung dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga. 

Lampu hijau dari pemerintah soal mudik itulah, yang dinilai Fikry, bakal memicu lonjakan volume kendaraan. 

2. Diprediksi ada lonjakan volume kendaraan yang mudik hingga 15 persen

Waspadai, Jalur Arteri Tangerang Padat Sejak H-5 LebaranIlustrasi. Menjelang Lebaran 2021 antrean panjang kendaraan bermotor roda empat atau lebih terjadi di pos pemeriksaan larangan mudik Lebaran tersebut (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Dibandingkan jelang Lebaran 2019, Fikry memprediksi ada lonjakan volume kendaraan yang mudik sebesar 15 persen untuk tahun ini. "Karena dua tahun sebelumnya tidak ada kegiatan mudik," katanya.

Seperti diketahui, selama pandemik COVID-19, mudik memang dilarang pada tahun 2020 dan 2021.

Baca Juga: Titik Jalur Mudik di Banten Ini Rawan Kecelakaan dan Kemacetan 

3. Waspadai titik-titik kemacetan dan rawan kecelakaan ini

Waspadai, Jalur Arteri Tangerang Padat Sejak H-5 LebaranIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Ia mengungkapkan, Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang sudah memetakan titik-titik terjadinya kemacetan dan titik rawan kecelakaan.

"Kalau untuk pemetaan jalur kemacetan kita ada dua titik, yaitu lokasinya di Pasar Cikupa dan Pasar Gembong," ungkapnya.

Menurutnya, bahwa keberadaan ke dua pasar tersebut berlokasi di jalur arus mudik Lebaran antara arah Jakarta menuju Merak dan sebaliknya. Baik itu digunakan jalur sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

"Untuk jalur rawan (kecelakaan) itu ada di beberapa titik, seperti di wilayah jalan Jayanti, Balaraja Barat yang kondisi jalan bergelombang, dan Cikupa," kata dia.

3. Pemudik diminta perhatikan rekayasa lalu lintas selama musim mudik

Waspadai, Jalur Arteri Tangerang Padat Sejak H-5 LebaranPengetatan di Banten saat pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, sejumlah skema penerapan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Jakarta-Tangerang dan Merak pun telah disiapkan.

"Tentunya untuk skema rekayasa lalu lintas sudah kita siapkan, seperti  keluar masuk kendaraan baik dari tol mengarah Merak maupun jalur perbatasan," ujarnya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya