Ada 49 Bencana Alam di Lebak Selama April-Juni 2022

Lebak merupakan salah satu wilayah Banten yang rawan bencana

Lebak, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mencatat, ada 49 bencana alam dalam periode April hingga Jumat (17/6) Juni 2022. Tak ada korban jiwa dalam puluhan bencana alam ini. 

Meski demikian, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal menyebut, total kerugian yang dialami warga mencapai Rp 2,8 miliar.

Baca Juga: 7 Potret Rumah di Lebak Retak-retak Karena Pergerakan Tanah

1. Bencana alam yang melanda Lebak, mulai dari banjir hingga gempa tektonik

Ada 49 Bencana Alam di Lebak Selama April-Juni 2022Ilustrasi pergerakan tanah. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Agus menjelaskan, bencana alam yang terjadi di Lebak itu mulai dari banjir, kebakaran, longsor, pergerakan tanah, pohon tumbang, angin puting beliung, rumah roboh, sambaran petir, hingga gempa tektonik.

Bencana terakhir, kata dia, terjadi Desa Cilangkap Kecamatan Kalanganyar ketika jalan antardesa ambles sepanjang 70 meter dengan kedalaman 2 meter. Dilaporkan, 6 rumah rusak berat. 

Begitu juga bencana alam di Desa Parakan Besi Kecamatan Bojongmanik sepanjang 40 meter jalan antardesa ambles dan satu unit rumah rusak berat. "Kami sudah melaporkan bencana alam itu kepada Bupati Iti Octavia untuk mendapatkan bantuan logistik hingga dana tunggu hunian ( DTH)," kata Agus, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/6/2022). 

Bencana lain yang juga kerap muncul di Lebak adalah pergerakan tanah. Salah satu warga yang menjadi korban bencana pergerakan tanah itu adalah Karman (45).

Warga Kalanganyar itu mengaku kini terpaksa mengungsi ke rumah mertua setelah rumah dan pabrik tahu miliknya rusak berat akibat tanah bergerak. Kejadian bencana pergerakan tanah yang menerjang tempat tinggalnya itu setelah beberapa hari terakhir dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. "Kami berharap pemerintah daerah dapat merelokasi ke tempat lain dengan dibangun hunian tetap," katanya.

Baca Juga: DTH Warga Lebak Korban Pergerakan Tanah Segera Cair

2. Lebak termasuk wilayah Banten yang rawan bencana

Ada 49 Bencana Alam di Lebak Selama April-Juni 2022IDN Times/khaerul anwar

Menurutnya, sebagian besar kejadian bencana alam di Kabupaten Lebak dipicu cuaca ekstrem, yakni ditandai hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Di sisi lain, wilayah Kabupaten Lebak termasuk daerah rawan dan "langganan" bencana alam, karena terdapat perbukitan, pegunungan dan aliran sungai. Untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa, kata Agus, BPBD Lebak memberikan edukasi dan simulasi kepada masyarakat tentang bagaimana penyelamatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

"Minimal, ujar dia, mereka bisa menyelamatkan diri sendiri sehingga terhindar dari bencana alam itu.

3. Warga dan aparatur desa hingga kecamatan diminta waspada

Ada 49 Bencana Alam di Lebak Selama April-Juni 2022Pengungsi korban banjir bandang Lebak (Antaranews)

BPBD Lebak pun menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat, agar waspada bencana alam. Hal serupa, kata Agus, sudah disampaikan kepada aparatur kecamatan, desa dan relawan tangguh di 28 kecamatan.

 "Waspada bencana alam menghadapi cuaca ekstrem itu," kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya