Aktivitas Anak Krakatau Melandai, Bupati Serang: Pantai Anyer Aman

Wisatawan dan masyarakat umum diminta gak percaya hoaks

Serang, IDN Times - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta semua pihak, khususnya wisatawan, tidak perlu khawatir untuk berlibur ke kawasan wisata Anyer. Saat ini, kata Ratu Tatu, aktivitas Gunung Anak Krakatau sudah melandai. 

“Waspada memang harus selalu kita lakukan terhadap bencana apa pun, tetapi sampai saat ini alhamdulillah Pantai Anyer aman,” ujar kata dia, seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/4/2022). 

Dia pun meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh isu negatif atau hoaks tentang bahaya tsunami dari aktivitas Gunung Anak Krakatau. “Silakan datang, tidak perlu cancel rencana liburannya," kata dia. 

Baca Juga: Erupsi Krakatau, Waspada Potensi Tsunami Pesisir Banten Malam Hari

1. Pemkab Serang dan pihak terkait sudah membuat rencana kontingensi dan mitigasi

Aktivitas Anak Krakatau Melandai, Bupati Serang: Pantai Anyer AmanAnak Gunung Krakatau (ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia)

Di sisi lain, kata Bupati Ratu Atut, Pemkab Serang juga sudah membuat perencanaan  terkait dampak jika Gunung Anak Krakatau kembali menggeliat dan erupsi. 

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Serang, bersama TNI-Polri dan Badan Penanggulangan Bencana sudah melakukan rapat koordinasi persiapan pengamanan bagi wisatawan. 

"Rencana kontingensi dan mitigasi sudah kami lakukan. Kami bersama TNI-Polri, BMKG, dan Badan Vulkanologi terus berkoordinasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan,” ujar Tatu.

2. Bupati dapat laporan, banyak wisatawan yang membatalkan kunjungan

Aktivitas Anak Krakatau Melandai, Bupati Serang: Pantai Anyer Aman(ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Untuk memastikan kondisi Anyer, Bupati Ratu Tatu mengunjungi kawasan wisata Anyer pada Kamis (28/4/2022). 

“Alhamdulillah, saya hadir untuk menindaklanjuti aspirasi PHRI, karena banyak tamu yang membatalkan kunjungan, mau datang liburan lebaran, membatalkan rencananya. Ada informasi dan hoaks yang berkembang,” katanya.

Menurut Tatu, peningkatan level Gunung Anak Krakatau dari waspada ke siaga berada pada radius 5 kilometer dari kawah aktif. Sementara jarak GAK ke Pantai Anyer lebih dari 40 kilometer. Kemudian aktivitas GAK saat ini semakin menurun

“Dari Badan Geologi atau Pusat Vulkanologi dan BMKG sudah menyampaikan agar kita tidak perlu khawatir secara berlebihan,” tegas Tatu. 

3. Aktivitas Gunung Anak fluktuatif sejak Februari 2022

Aktivitas Anak Krakatau Melandai, Bupati Serang: Pantai Anyer AmanAnak Gunung Krakatau (ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia)

Sementara itu, Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api PVMBG Kristianto mengungkap, Gunung Anak Krakatau sejak awal Februari hingga April menunjukkan aktivitas yang fluktuatif. Level siaga Gunung Anak Krakatau berada pada radius 5 kilometer dari kawah aktif. 

“Masyarakat tidak perlu khawatir yang di luar radius kewaspadaan itu, terutama penyebarangan Bakauheni-Merak dan Pantai Anyer juga. Jangan khawatir terhadap isu-isu, apalagi sekarang ada hoaks tsunami. Kita sudah punya standar operasional bersama, Badan Geologi dan BMKG tentang kewaspadaan tsunami, jadi tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Tatu didampingi pejabat terkait, termasuk Kepala Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Suwardi, Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto, Dandim 0623/Cilegon Letnan Kolonel Infanteri Ari Widyo Prasetyo, dan pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Serang.

Baca Juga: Anak Krakatau Siaga III, Sebagian Wisatawan Batalkan Pesanan Hotel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya