Comscore Tracker

Puskesmas Buka Posko Vaksinasi untuk Warga Baduy

Warga Baduy masih punya keyakinan sendiri soal vaksin

Lebak, IDN Times - Puskesmas Cisimeut membuka posko pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi warga Baduy. Sebelumnya, vaksinasi di Suku Baduy terbilang masih terkendala karena keyakinan orang Kanekes. 

Puskesmas ini terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. "Kita menargetkan 500 sampai 1.000 warga Baduy (ikut vaksinasi)," kata Kepala Puskesmas Cisimeut Maytri seperti dikutip dari Antara, Senin (27/9/2021).

1. Belum banyak warga Baduy yang mau menerima vaksinasi

Puskesmas Buka Posko Vaksinasi untuk Warga BaduyANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Tetua dan tokoh adat Suku Baduy sudah menjalani vaksinasi COVID-19, warga Baduy belum banyak yang mau menjalani vaksinasi.

"Kami melihat warga Baduy tidak begitu antusias untuk divaksin karena masih mempercayai berita hoaks," kata Maytri. Selain itu, Suku Baduy pun memiliki keyakinan tersendiri dalam menyikapi wabah. 

Sebelumnya, Tetua adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija mengungkap bahwa sebagian Orang Baduy masih mempercayai mampu mengantisipasi pandemik COVID-19 melalui pengobatan air dan 20 dedaunan.
  
Pengobatan itu, menurut dia, sudah ada sejak nenek moyang dan juga dengan melakukan mantra-mantra untuk kemampuan penyembuhan air dan dedaunan tertentu.

 "Kami sudah berupaya menyampaikan ajakan vaksinasi (COVID-19), namun warganya belum mau divaksin," kataJaro Saija.

Baca Juga: Cara Orang Baduy Tangkal dan Obati COVID-19

Baca Juga: 5 Potret Upaya Vaksinasi di Pemukiman Baduy

2. Ada 9 petugas yang siaga untuk melayani warga Baduy

Puskesmas Buka Posko Vaksinasi untuk Warga BaduyMasyarakat Baduy (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Oleh karena itu, puskesmas menggiatkan sosialisasi untuk mengajak warga Baduy menjalani vaksinasi guna mencegah penularan COVID-19 serta menyelenggarakan pelayanan vaksinasi gratis bagi warga Baduy bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Banten.

Dalam hal ini, Kepolisian Daerah Banten menyediakan vaksin COVID-19 dan puskesmas mengerahkan sembilan petugas vaksinasi untuk melayani warga Suku Baduy.

"Kami berharap warga Baduy dapat mendatangi posko pelayanan vaksinasi," kata Maytri.

3. Kepala Desa Kanekes berharap warga mau divaksinasi

Puskesmas Buka Posko Vaksinasi untuk Warga BaduyANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/agr/wsj.

Kepala Desa Kanekes Jaro Saija selaku tetua adat Baduy mengatakan bahwa informasi mengenai pelaksanaan pelayanan vaksinasi gratis sudah disampaikan kepada warga Baduy.

"Kami berharap warga Baduy bisa mendatangi pos pelayanan vaksinasi yang dipusatkan di Terminal Ciboleger," katanya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya