Comscore Tracker

Kisah Sukses Ari Tiktokers Asal Banten, Bisa Hidup dari Ngonten  

Kontennya kini bisa jadi penghasilan utama

Serang, IDN Times - Buat kamu, Penghobi hunting spot foto estetik atau fotografi, mungkin sudah tak asing dengan konten kreator TikTok asal Kota Cilegon ini. Pria yang akrab disapa dengan nama Ari ini biasa membuat konten melalui akunnya, @aribp95.

Menjadi konten kreator sejak 2018, ketenaran rupanya tak didapat Ari dengan mudah lho! Ada kalanya ia harus mencari cara agar karyanya bisa terus menarik perhatian banyak akun baru sehingga bisa memiliki jutaan followers seperti sekarang melebihi jumlah penduduk Kota Cilegon.

Perjalanan Ari mungkin bisa menjadi inspirasi kamu untuk berkarya.

1. Bermula dari hobi fotografi

Kisah Sukses Ari Tiktokers Asal Banten, Bisa Hidup dari Ngonten  Tangkapan layar video

Bermula tidak puas dengan hasil jepretan sebagai anggota komunitas fotografi, dia memulai membuat konten behind the scene (BTS), pengambilan foto yang keren dengan alat seadanya seperti handphone ataupun menggunakan kamera mumpuni.

Video BTS tersebut dia upload di dua platform, di Instagram dan TikTok.

"Akhirnya banyak yang tertarik minta buatin lagi, buatin lagi. Di Tiktok malah lebih kenceng dibanding Ig," kata Ari saat berbincang-bincang dengan IDN Times, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Kisah Mul yang Ajarkan Anak-anak Baduy Membaca

2. Sekarang, Ari sudah memiliki 1,6 juta pengikut

Kisah Sukses Ari Tiktokers Asal Banten, Bisa Hidup dari Ngonten  Tangkapan layar video

Terbukti hanya satu tahun saja dari 2018-2019 dia sudah memiliki followers sebanyak 100 ribu. Sejak 2020 dia mulai mengembangkan kontennya, dari hanya BTS ke tutorial pengambilan agar hasilnya tidak kaku.

Konten terbarunya itu berbuah manis dan sangat disukai netizen. Terbukti dari 100K, followers Ari di TikTok sekarang sudah mencapai 1,6 Juta. Ini bahkan sudah melebihi jumlah penduduk Kota Cilegon yang hanya 442.803 penduduk.

"Kebanyakan (followers) orang luar. Orang Banten malah cuma 30 persen," katanya.

3. Hasil karyanya di TikTok sudah bisa menjadi penghasilan utama

Kisah Sukses Ari Tiktokers Asal Banten, Bisa Hidup dari Ngonten  Tangkapan layar video

Ari mengatakan, saat ini dia sudah menikmati hasil dari buah usahanya tersebut. Dia sudah mulai kebanjiran endors, tak hanya itu, setiap bulan mendapat penghasilan dari viewers dari platform tersebut bahkan bisa menjadi penghasilan utama.

"Ya setiap bulan sudah ada endors sama penghasian aplikasi yang masuk. Bisa jadi penghasilan utama lumayan bisa nutupin cicilan," katanya.

Dia pun mengajak millennial di Banten untuk berkarya meski dengan alat seadanya, yang terpenting sudah memulai. Konten harus sesuai hobi yang diinginkan agar tetap konsisten.

"Di konten saya ada dua versi untuk orang punya pake kamera untuk sederhana pake hp. Pesannya buat karya yang bagus gak mesti paket alat mahal pake sedanya bisa," katanya.

Baca Juga: Sambil Lestarikan Bahasa Jaseng, Bobby Dapat Cuan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya