Comscore Tracker

Komisi IV DPRD Banten Soroti Jalan-Jalan yang Berlubang

Jalan itu akan dilalui para pemudik Lebaran

Serang, IDN Times - Anggota Komisi IV DPRD Banten Mukhlis meminta pemerintah pusat dan daerah mempersiapkan mudik Lebaran Tahun 2023 dengan matang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pemudik. Saat ini, dia menilai, sejumlah jalan di jalur mudik berlubang. 

Muhlis mengatakan, mudik perlu dipersiapkan dengan mengingat antusiasme masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2023 diprediksi sangat tinggi pasca pandemik COVID-19.

"Pasca PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dicabut, larangan mudik sudah tidak ada," kata Mukhlis pada Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Posko Kesehatan di Soetta, Antisipasi Penumpang Mudik Membeludak

1. Masih banyak jalan berlubang di jalur akses utama mudik

Komisi IV DPRD Banten Soroti Jalan-Jalan yang BerlubangIDN Times/Khaerul Anwar

Persiapan yang perlu dilakukan salah satunya dengan memperbaiki infrastruktur jalan. Dia melihat, masih ada jalan kewenangan pusat dan daerah di Banten yang akan dilalui pemudik dalam keadaan berlubang, bahkan ada yang dalam kondisi rusak parah.

Seperti ruas jalan utama Tangerang - Serang hingga ruas Serang - Lebak dan Pandeglang. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas pada saat musim mudik.

"Untuk jalan kewenangan pemerintah kami sudah koordinasi dengan dinas agar bersurat dan menyampaikan kepada satker (Satuan Kerja) yang membidangi jalan," katanya.

2. Tempat istirahat atau rest area juga harus dipersiapkan matang

Komisi IV DPRD Banten Soroti Jalan-Jalan yang BerlubangIlustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Tidak hanya perbaikan infrastuktur, dia juga meminta pengaturan di tempat istirahat dipersiapkan matang. Karena, belajar dari tahun lalu akan terjadi penumpukan pemudik di tempat istirahat pada jam tertentu terutama di pintu masuk Pelabuhan Merak.

"Bukan hanya urusan kendaraan, tapi bagaimana persiapan tim kesehatan atau relawan yang nanti ikut mengatur arus mudik," katanya.

3. Penanganan jalan berlubang ditarget rampung H-7 lebaran

Komisi IV DPRD Banten Soroti Jalan-Jalan yang BerlubangIDN Times/Muhamad Iqbal

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten Arlan Marzan mengatakan, untuk jalur mudik yang menjadi kewenangan provinsi akan menjadi prioritas penanganan tiga minggu kedepan dan ditargetkan rampung H-7 lebaran.

Dia mengungkapkan, jalur yang menjadi kewenangan provinsi yang akan dilalui pemudik yakni jalan Ciruas - Petir- Warung Gunung, Mengger - Caringin, Taktakan - Anyer dan Palima - Teneng.

"Untuk jalur utama yg menjadi kewenangan pusat, penanganannya akan terus dikordinasikan juga dengan BPJN Banten," katanya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya