Strategi Caleg Muda di Kota Serang untuk Menangkan Hati Pemilih

Logistik utama tenaga, bukan uang!

Serang, IDN Times - Kans kemenangan calon legislatif (caleg) dari kalangan muda sangat besar di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal itu bisa diraih dengan asalkan para caleg muda itu punya visi misi dan menawarkan solusi di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Momentum ini digunakan oleh kalangan milenial untuk merebut kursi di legislatif yang dari tahun ketahun dikuasai oleh orang yang sama.

Fauzan Dardiri, misalnya. Jurnalis muda itu memilih hijrah menjadi caleg DPRD Kota Serang untuk membuat warna baru dan semangat baru di kancah politik.

Baca Juga: Jadi Sorotan, Kadinkes Banten Lebih Tajir dari Kadinkes Lampung

1. Generasi milenial harus ambil bagian dalam membangun daerah

Strategi Caleg Muda di Kota Serang untuk Menangkan Hati PemilihDok. Istimewa/Fauzan

Menurut Fauzan, keterlibatan anak muda dalam politik juga menjadi bagian penting untuk memastikan generasi milenial ambil bagian dalam membangun daerah.

"Karena selama ini yang hadir (jadi dewan) lu lagi, lu lagi. Wajar, jika hasilnya, kepercayaan publik terhadap lembaga DPRD terus menurun," kata Fauzan kepada IDN Times, Jumat (26/5/2023).

Aktivisitas sebagai aktivis pergerakan dan jurnalis bagi Fauzan adalah dunia yang menuntun langkahnya dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kini Fauzan telah tercatat sebagai calon legislatif DPRD Kota Serang dari PDIP untuk Daerah Pemilihan (Dapil)  Cipocokjaya.

"Tentu dengan latar belakang yang dimiliki saat ini sebagai jurnalis, aktivis sosial, aktivis mahasiswa menjadi pembeda dibandingkan dengan yang lain, khususnya di Dapil 5 Kota Serang, Kecamatan Cipocokjaya," katanya.

2. Strategi caleg muda untuk memenangkan hati masyarakat

Strategi Caleg Muda di Kota Serang untuk Menangkan Hati PemilihIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Kunjungan dan komunikasi yang baik, kata Fauzan, bisa menjadi salah satu strategi untuk memenangkan hati masyarakat. Saat kunjungan itulah ia bisa menawarkan visi dan misi serta solusi untuk kemajuan daerah.

"Bagi saya Silaturahmi dengan tatap muka lebih efektif. Sehingga, bisa mengetahui seberapa yakin pemilih terhadap saya," katanya.

Baca Juga: Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Banten Diklaim Aman  

3. Fauzan: logistik utama caleg muda bukan uang, tapi tenaga

Strategi Caleg Muda di Kota Serang untuk Menangkan Hati PemilihIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sehingga, logistik utama yang harus disiapkan oleh caleg muda, menurut Fauzan, bukan berapa banyak uang, melainkan tenaga dan stamina. Dengan dua modal itu, kata dia, caleg muda bisa menjangkau masyarakat hingga lapisan terbawah.

Ia pun mengaku sangat menghindari praktek politik uang. Sebab, hal tersebut merupakan kecurangan dalam pesta demokrasi.

"Tapi untuk logistik (uang) yang jelas, saya harus siap berapa pun tentunya secara terukur," katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya