Warga Utara Kabupaten Tangerang Kebingungan Atasi Sampah

Tak ada tempat penampungan sementara

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang bagian pesisir utara masih harus dihadapkan pada persoalan sampah. Pasalnya, tidak ada fasilitas tempat pembuangan sampah terpusat di wilayah tersebut.

Yusuf (50) salah satu warga Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang mengatakan, masyarakat hingga kini bingung ke mana membuang sampah rumah tangga.

"Soalnya, gak ada tempat pembuangan sampah terpusat disini," kata Yusuf.

1. Pernah ada bak pembuangan sementara tapi dirusak warga

Warga Utara Kabupaten Tangerang Kebingungan Atasi SampahIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Yusuf mengungkapkan, sebenarnya pernah ada bak penampungan sampah untuk masyarakat membuang sampah. Namun, tak ada mobil sampah yang mengangkutnya hingga berbulan-bulan.

"Jadi sampah malah menumpuk di pinggir jalan, udah sampai bau banget akhirnya kesel terus dihancurin sama warga, sampahnya dibakarin," ujar Yusuf.

Baca Juga: 1.400 Pedagang di Kota Tangerang Sudah Divaksinasi Hari Ini!

2. Mobil pengangkut sampah tidak pernah lewat

Warga Utara Kabupaten Tangerang Kebingungan Atasi SampahIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Yusuf mengungkapkan, mobil pengangkut sampah tidak pernah terlihat mengangkut sampah di wilayah Tanjung Pasir. Padahal, wilayah tersebut merupakan wilayah wisata alam.

"Ada juga masyarakat yang buang sampah ke laut jadinya karena percuma buat di bak penampungan sementara gak diangkut," jelas Yusuf.

Baca Juga: Warga Tolak Rencana Kota Serang Tampung Sampah dari Tangsel  

3. Masyarakat jadi buang sampah di tepi jalan

Warga Utara Kabupaten Tangerang Kebingungan Atasi SampahIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya di wilayah Tanjung Pasir, wilayah tepi Bandara yakni Yasin (36) warga Rawa Burung, Kabupaten Tangerang juga kesulitan membuang sampahnya. Hal tersebut membuat banyak sampah berserakan di pinggir Jalan Perimeter Utara, Bandara Soekarno-Hatta.

"Karena di jalan raya aja engga ada bak penampungan sementara, jadi kita juga jadi masyarakat bingung harus buang kemana," tuturnya.

Tak hanya itu, Yasin mengungkapkan, banyak pula masyarakat dari luar wilayah Rawa Burung yang juga membuang sampah di tepi jalan dan sungai.

"Karena udah numpuk nih sampah disini, jadi orang-orang jauh juga ke sini buang sampahnya. Numpuk, bau, padahal udah dikasih pagar," ungkapnya.

Baca Juga: 1.400 Pedagang di Kota Tangerang Sudah Divaksinasi Hari Ini!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya