Ambruk, Tembok Kantor Kelurahan Babakan Bangunan Baru

Kantor kelurahan, termasuk tembok, ini belum lama dibangun

Tangerang Selatan, IDN Times - Pagar tembok Kelurahan Babakan, Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) longsor usai dipicu guyuran hujan deras pada Sabtu (13/5/2023). Tembok ini belum lama selesai dibangun dengan anggaran miliaran rupiah. 

Pagar tembok bangunan kelurahan itu ini diperkirakan memiliki lebar 35 meter dan tinggi 2,5 meter.

Dikutip dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)  https://lpse.tangerangselatankota.go.id diketahui bahwa kantor Kelurahan Babakan Kecamatan Setu baru beberapa bulan ditempati sejak rampung dibangun. Dalam paket proyek ini termasuk pagar. 

Pagu anggaran pembangunan kantor tersebut mencapai Rp22 miliar anggaran APBD 2022 melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Tangsel. Proyek tersebut digarap oleh PT Patra Mitra Berkah dan ditarget rampung Desember 2022. 

1. Fondasi pagar tergerus tanah

Ambruk, Tembok Kantor Kelurahan Babakan Bangunan BaruIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengungkap, longsor tersebut terjadi akibat pondasi pagar tergerus air hujan deras.

“Itu terjadi gerusan di tanah, di bawah pondasi pagernya ya. Karena memang kemarin hujan cukup deras sekali. Tapi sudah ditangani oleh Dinas Bangunan,” kata Benyamin, Senin (15/5/2023).

2. Tembok baru dibangun malah rubuh, Benyamin berjanji akan ada evaluasi

Ambruk, Tembok Kantor Kelurahan Babakan Bangunan BaruDok. IDN Times/Andi

Benyamin mengaku, pihaknya bakal terus melakukan evaluasi terkait berbagai pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangsel.

“Dievaluasi terus, tapi kan yang penting perbaikannya tinggal dibangun lagi aja yang longsor. Karena bagaimanapun, siapa yang menyalahkan karena hujan deras,” kata Benyamin.

3. Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel Ambruk

Ambruk, Tembok Kantor Kelurahan Babakan Bangunan BaruDok. IDN Times/wibowo

Sebelumnya diberitakan, Kepala pelaksana BPBD Kota Tangsel Sutang Supriyanto mengungkapkan, tanah di lokasi bangunan tembok longsor. "Di Setu ada yang longsor," kata Sutang, Minggu (14/5/2023).

Sutang mengatakan, tembok kantor Kelurahan Babakan ini merupakan bangunan beton setinggi 3,5 meter dan panjang kurang lebih 25 meter yang sebelum longsor nampak miring akibat tanah di lokasi terkikis air hujan.

"Dari dinas bangunan sudah langsung bergerak seperti yang temen-temen lihat," jelas Sutang.

Baca Juga: Longsor, Tembok Kelurahan di Tangsel Ambruk

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya