Arief Minta Sekolah di Kota Tangerang Jaga Siswa dari Hepatitis

Hepatitis misterius hantui kesehatan anak

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengetetatkan protokol kesehatan pada anak-anak di sekolah setelah munculnya penyakit hepatitis misterius.

"Penyakit Hepatitis ini menjadi kewaspadaan baru dan perlu perhatian semua pihak, terlebih dilaporkan sudah ada 3 kasus di Indonesia yang diduga terjangkit Hepatitis yang belum diketahui penyebabnya," kata Arief dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Meski Ada Hepatitis Akut, 140 Sekolah di Tangerang Tetap Gelar PTM 

1. Anak yang PTM harus ketat jalankan protokol kesehatan

Arief Minta Sekolah di Kota Tangerang Jaga Siswa dari HepatitisIlustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Arief mengimbau kepada semua pihak, terutama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan khususnya dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan tatap muka termasuk pada pesantren yang kini sudah mulai berjalan normal harus meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyakit tersebut.

"Para kepala sekolah, kepala pesantren serta para guru di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kewaspadaannya, terapkan peraturan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah," kata Arief.

2. Seluruh camat juga sudah diminta waspada

Arief Minta Sekolah di Kota Tangerang Jaga Siswa dari HepatitisArief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Arief juga menginstruksikan kepada para camat se-Kota Tangerang untuk segera menyosialisasikan waspadanya terkait penyakit hepatitis akut ini di lingkungan masing-masing.

"Lakukan langkah preventif di segala lini terkait menjaga kebersihan dan pola hidup bersih di tengah masyarakat, karena pola hidup bersih dan sehat menjadi salah satu tindakan preventif yang bisa kita lakukan sejak dini," kata Arief.

3. Semua pihak diminta bahu-membahu hadapi penyakit ini

Arief Minta Sekolah di Kota Tangerang Jaga Siswa dari Hepatitisilustrasi hepatitis akut (IDN Times/Nathaniel Tegar)

Arief berharap semua pihak bisa saling bahu-membahu dan terus saling menguatkan satu sama lain untuk lebih waspada terhadap penyakit hepatitis akut tersebut.

"Saya harap sosialisasi ini bisa menjadi tahap awal pencegahan yang kita lakukan, khususnya yang terlibat langsung dengan kehidupan anak-anak mulai dari rumah hingga sekolah serta lingkungan sekitar," ungkapnya.

Baca Juga: Cara Pasien Hepatitis Akut Bisa Dirawat di RSUD Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya