Bawaslu Lebak Seleksi 68 Calon Panwascam untuk 6 Kecamatan

Seleksi ini untuk memenuhi kebutuhan jelang Pilkada Serentak

Lebak, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak tengah melakukan seleksi calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada serentak 2024.

Seleksi tengah dilakukan terhadap 68 pelamar yang lolos administrasi untuk memenuhi kekurangan 10 anggota panwascam di enam kecamatan.

“Ada 68 pendaftar yang kemarin mengikuti tes dengan menggunakan metode CAT (computer assisted test). Dari tes itu akan diambil 20 orang karena aturannya harus sesuai dua kali kebutuhan,” kata Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Pilkada, Deden Kurniawan, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Kasus DBD di Lebak Tembus 1.536 orang, 6 Meninggal

1. Masih ada beberapa tes yang akan dilalui para calon panwascam

Bawaslu Lebak Seleksi 68 Calon Panwascam untuk 6 KecamatanIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Deden mengatakan, para peserta akan ditanya mengenai pengetahuan dan pemahaman seputar pemilu dan pengawasannya. Mereka yang dinyatakan lulus CAT akan mengikuti tes selanjutnya, yakni wawancara yang dilakukan oleh pimpinan Bawaslu Lebak.

“Tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 17 Mei,” kata Deden.

2. Petugas yang bekerja diharap menjaga integritas

Bawaslu Lebak Seleksi 68 Calon Panwascam untuk 6 KecamatanIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lebak, Dedi Hidayat berharap, panwascam baru maupun lama yang nantinya dilantik agar melaksanakan tugas pengawasan sebaik-baiknya.

“Integritas yang tinggi itu penting, dan kami berharap kinerja teman-teman pengawas di pilkada lebih baik lagi dibandingkan pada pemilu kemarin,” kata Dedi.

Baca Juga: Pilkada Lebak 2024 Tak Ada Calon Independen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya