Kamu Sedang Jalani Isoman Akibat COVID-19? Lakukan 4 Hal Ini!

Kamu harus selalu jaga pola hidup bersih dan pola makan

Tangerang, IDN Times - Kamu yang kini tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19, wajib disiplin melaksanakan protokol kesehatan ya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan.

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menjabarkan sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan, saat melaksanakan isoman. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya, sampai selesai ya. 

Baca Juga: Tips Warga Kabupaten Tangerang Rawat Pasien COVID-19 di Rumah

1. Selalu cek kondisi tubuhmu sendiri

Kamu Sedang Jalani Isoman Akibat COVID-19? Lakukan 4 Hal Ini!Pixabay/Guvo59

Seperti dikutip dari Antaranews, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, evaluasi yang perlu Anda lakukan adalah cek suhu tubuh dengan termometer, saturasi oksigen dengan oximeter, perubahan gejala yang terjadi, serta perubahan pada penyakit komorbid (penyerta) yang ada.

2. Kamu harus selalu laporkan perkembangan kesehatanmu ke tenaga medis ya

Kamu Sedang Jalani Isoman Akibat COVID-19? Lakukan 4 Hal Ini!ilustrasi tenaga nakes memeriksa pasien (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kedua, lakukan komunikasi dengan tenaga kesehatan secara rutin, misalnya melalui telepon atau menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan lain-lain. Saat ini, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas telemedisin yang disediakan pemerintah atau berkonsultasi dengan dokter pilihan Anda.

"Ini dapat dilakukan dengan telepon atau WA ke rumah sakit atau puskesmas, atau lewat telemedisin yang disediakan pemerintah, atau setidaknya selalu berkomunikasi dengan dokter atau petugas kesehatan lain yang dikenal," kata Tjandra.

3. Sediakan obat untuk jaga-jaga

Kamu Sedang Jalani Isoman Akibat COVID-19? Lakukan 4 Hal Ini!paket obat untuk warga yang menjalani Isoman di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ketiga, sediakan obat untuk COVID-19 dan penyakit komorbid kamu, bila ada. Menurut Tjandra, obat baik untuk COVID-19 maupun penyakit komorbid sama pentingnya.

"Baik obat untuk COVID-19 maupun juga sama pentingnya adalah obat untuk penyakit komorbid yang harus dikonsumsi. Penanganan komorbid sangat penting. Kalau komorbidnya memburuk maka bisa memperburuk COVID-nya juga," kata dia.

4. Tetap jaga pola hidup bersih dan konsumsi makanan bergizi

Kamu Sedang Jalani Isoman Akibat COVID-19? Lakukan 4 Hal Ini!Ilustrasi gaya hidup sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Selain itu, hal yang tak kalah penting selama kamu melakukan isolasi mandiri yakni tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik, beristirahat yang cukup serta mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: 9 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Jika Terpaksa Ngantor Selama Pandemik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya