Ramadan, Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi 

Vaksinasi dilaksanakan hanya sampai pukul 11.00 WIB

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan akan tetap melakukan vaksinasi COVID-19 saat bulan Ramadan. Namun, waktu pelaksanaannya akan dibatasi.

Hal itu, merujuk pada aturan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwa Nomor 13 tahun 2021 yang menyatakan, vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam, yang sedang berpuasa.

Baca Juga: Tangsel Zona Merah COVID-19 Lagi, Pemkot Sebut Telat Input Data 

1. Selama Ramadan, vaksinasi hanya sampai pukul 11.00

Ramadan, Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Liza Puspadewi menuturkan, Kamis (8/4/21). Liza menuturkan, vaksinasi sebelum bulan Ramadan berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan saat Ramadan, Dinkes akan melaksanakan hingga pukul 11.00 WIB.

Selain itu, kata Liza, lokasi vaksinasi juga akan didekatkan kepada calon penerima. "Yang tadinya sehari satu puskesmas, bisa 400 sasaran,  saat Ramadan menjadi 100 sasaran per hari,” kata Liza.

2. Vaksinasi saat ini fokus terhadap lansia

Ramadan, Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Saat ini, lanjutnya, vaksinasi di Kota Tangerang sedang berlangsung untuk kategori lansia. Tepat pada saat Ramadan, Dinkes akan melangsungkan vaksinasi lansia dosis kedua, dengan target sasaran 45 ribu lansia, dari 117.010 lansia di Kota Tangerang.

Kata Liza, vaksinasi kategori lansia sangat menjadi prioritas di Kota Tangerang mengingat angka kematian COVID-19--berdasarkan data per 4 April 2021-- terbanyak 75 persen, yaitu pada usia 60 hingga 69 tahun.

“Jika dalam waktu dekat Pemkot Tangerang dapat jatah vaksin lagi, kembali kami prioritaskan untuk kategori lansia. Terlebih, momen Lebaran, orangtua menjadi tempat pulang para anak-anaknya. Hal inilah yang kami jaga dan antisipasi,” kata dia.

3. Angka kesembuhan COVID-19 dinilai meningkat

Ramadan, Pemkot Tangerang Tetap Laksanakan Vaksinasi Ilustrasi (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Menurutnya, hingga saat ini vaksinasi di Kota Tangerang sudah menyasar 13 ribu tenaga kesehatan, 45 ribu pelayan publik dan proses penyelesaian 45 ribu sasaran lansia.

Sedangkan untuk perkembangan kasus di Kota Tangerang saat ini kian menurun, dengan 20-an kasus per harinya. “Alhamdulillah sudah menurun, dari 80-an kasus per hari tertinggi, saat ini 20-an kasus per hari. Semoga kian menunjukkan penurunan,” harap Liza.

Sama halnya dengan angka kesembuhan di Kota Tangerang, saat ini sudah di angka 95,2 persen dan angka kematian di 1,9 persen dari 7.800 kasus selama pandemi COVID-19.

Sejak 4 April 2021, Kota Tangerang sudah dinyatakan menjadi zona kuning. Dari sembilan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) kini tersisa dua yang beroperasional, yaitu Puskesmas Sudimara Pinang dan Puskesmas Batusari.

“Pengendalian pandemi atau COVID-19 ini, tidak bisa dinilai dari sudah terlaksananya vaksinasi saja. Namun, Kota Tangerang juga semakin terbiasa dengan kebiasaan 5M di hilir dan 3T di hulu. Komitmen bersama ini harus terus diperkuat, hingga pandemi bisa dikendalikan,” kata Liza.

Baca Juga: Bertemu ODGJ Berkeliaran di Kota Tangerang? Lapor di Sini!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya