Tradisi Seba, Warga Baduy Jalan Kaki ke Pendopo Bupati Lebak

Ratusan warga Baduy ikuti acara ini

Lebak, IDN Times - Ratusan warga adat Suku Baduy telah berjalan kaki puluhan kilometer (km) dari Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar menuju Pendopo Bupati Lebak di Rangkasbitung. Keberangkatan mereka ini merupakan salah satu rangkaian tradisi Seba Baduy.

"Sebanyak 150 orang yang ikut, 23 dari Baduy dalam sisa dari Baduy luar. Yang Baduy dalam sudah berangkat tadi subuh-subuh. Ini yang Baduy luar masih persiapan," kata Kepala Desa Urusan Pemerintahan, Jaro Saidjah, Jumat (6/5/2022) .

Baca Juga: Jadwal Acara Seba Baduy, Bisa Jadi Wisata Lebaran Kamu Nih

1. Rombongan akan sampai Rangkasbitung sore ini

Tradisi Seba, Warga Baduy Jalan Kaki ke Pendopo Bupati LebakIDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam pelaksanaan Seba ini, warga Suku Baduy Luar berangkat terlebih dahulu ke Rangkasbitung mulai pagi tadi. Sementara orang Baduy dalam berangkat setelahnya. Diketahui, mereka akan beristirahat terlebih dahulu di sekitar Jembatan Keong, Kecamatan Kalanganyar.

"Nanti istirahat dulu terus nanti lanjut lagi, kira-kira mah sampe Rangkas itu jam 15.00 WIB," jelasnya.

2. Mereka membawa dan memberikan hasil kebun ke Bupati Lebak

Tradisi Seba, Warga Baduy Jalan Kaki ke Pendopo Bupati Lebak(Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) Instagram.cpm/@viajayabaya

Mereka diperkirakan sampai di Pendopo Bupati Lebak sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam tradisinya, mereka akan menyerahkan hasil kebun pertanian mereka pada Ibu Gede, sebuah gelar yang mereka sematkan untuk Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

Dalam tradisinya, mereka juga menyerahkan hasil pertanian ke Bupati Pandeglang dan Gubernur Banten.

3. Selama pandemik, tradisi ini berjalan dengan sederhana

Tradisi Seba, Warga Baduy Jalan Kaki ke Pendopo Bupati LebakANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Tahun ini tradisi Seba Baduy ini baru dirayakan secara meriah kembali, setelah sebelumnya dirayakan secara sederhana dengan hanya dilakukan oleh pimpinan adat mereka. Hal tersebut terjadi akibat merebakny wabah COVID-19.

Baca Juga: Tradisi Seba Baduy sebagai Bentuk Ungkapan Rasa Syukur

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya