Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara Soetta

Jokowi juga minta AP II segera bangun Terminal 4

Tangerang, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1). Peresmian tersebut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

Selain runway 3, Jokowi juga meresmikan Terminal 3, East Connection Taxiway (ECT) dan Gedung VIP khusus untuk penerbangan kenegaraan.

1. Empat sarana yang baru diresmikan mampu meningkatkan pelayanan

Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Jokowi mengatakan, sarana yang diresmikan tersebut dapat meningkatkan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Terminal 3 selesai, runway ketiga selesai, ECT selesai, ditambah fasilitas VIP bandara selesai. Pelayanan jadi membaik," jelasnya.

Baca Juga: Bandara Soekarno-Hatta Punya Robot untuk Bersihkan Lantai Terminal 

2. ECT ada setelah 35 Tahun dibangunnya West Connection Taxiway

Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Keberadaan runway 3 itu terletak di Utara yang melengkapi runway kedua, dan runway pertama yang terletak di Selatan. Sementara itu, Keberadaan ECT mendukung West Connection Taxiway yang telah dibangun sejak 1985.

"Perlu diketahui, West Connection Taxiway dibangun pada 1985, setelah itu ada yang baru yaitu East Connection Taxiway. Setelah 35 Tahun," ujarnya.

3. Jokowi minta Terminal 4 segera dibangun

Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Tentunya keberadaan ECT juga dapat mempercepat pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan mau pun sebaliknya, jika dibandingkan hanya menggunakan West Connection Taxiway.

Selain itu, Jokowi berharap AP II dapat segera membangun Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang dinilai ya sangat penting.

"Pak Dirut AP II juga menyampaikan akan segera diselesaikan. Diharapkan 2022 akhir atau paling lambat awal 2023," ungkapnya.

4. Selain menambah pergerakan pesawat, pergerakan pesawat dari runway utara ke selatan juga hanya membutuhkan waktu 7 menit

Selain Runway 3, Jokowi Resmikan Tiga Sarana Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dioperasikannya runway 3 didukung ECT yang membuat kapasitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta meningkat. Dari sebelumnya yang melayani 80 pergerakan pesawat per jam, akan menjadi 100 pergerakan per jam.

"East Connection Taxiway juga membuat pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya 30 menit menjadi 7 menit," ucap Budi.

Baca Juga: Ini Fasilitas Digital untuk Milennialls di Bandara Soekarno Hatta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya