Aksi Bupati Lebak Evakuasi Bayi Korban Banjir dari Daerah Terisolir

Bupati mengevakuasi bayi dan lansia menggunakan helikopter

Banten, IDN Times - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengevakuasi bayi dan lansia korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak yang mengungsi di pegunungan Cibandung, Minggu (5/1).

Para pengungsi yang menyelamatkan diri ke pegunungan Cibandung merupakan warga Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

1. Bupati mengevakuasi bayi dan lansia menggunakan helikopter

Aksi Bupati Lebak Evakuasi Bayi Korban Banjir dari Daerah Terisolir(Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) Instagram.cpm/@viajayabaya

Dalam video yang diunggah dalam akun Instagram resmi @viajayabaya, tampak Bupati Iti menjemput warganya terutama bayi dan lansia menggunakan helikopter milik TNI. Daerah yang ditembus Iti menggunakan jalur udara tersebut merupakan daerah yang terisolir akibat akses jalan terputus tertimpa material longsor.

Selain menjemput warga terisolir, helikopter tersebut juga mengirim sejumlah bantuan logistik untuk para pengungsi yang berada di pegunungan.

Baca Juga: [WANSUS] Bupati Lebak: Patuhi Aturan Baduy Kalau Tak Mau Ada Tulah

2. Sambil menangis Bupati satu persatu warganya yang tertahan di pegunungan

Aksi Bupati Lebak Evakuasi Bayi Korban Banjir dari Daerah Terisolir(Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) Instagram.cpm/@viajayabaya

Dalam video yang diunggah pada Minggu (5/1), memperlihatkan kesedihan Iti saat melihat warganya yang masih bisa bertahan hidup dari bencana banjir dan longsor.

Iti turun dari helikopter langsung berlari ke para pengungsi dan memeluk satu persatu sambil memberi motivasi kepada mereka untuk bersabar atas musibah yang dialami.

"Sabar nyah kabehan nyah," kata Iti sambil memeluk para korban.

3. Bayi dan belasan lansia dievakuasi ke tempat lebih aman

Aksi Bupati Lebak Evakuasi Bayi Korban Banjir dari Daerah Terisolir(Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) Instagram.cpm/@viajayabaya

Tiba-tiba ada salah satu orang menghampiri Iti dan memberitahu bahwa di lokasi pengungsian ada seorang bayi dan beberapa lansia yang sedang sakit-sakitan. Tak berpikir panjang Iti pun berlari menghampiri bayi tersebut dan langsung menggendongnya.

Kemudian, Iti kembali ke helikopter dengan membawa sebanyak 13 orang terdiri dari 12 lansia dan satu bayi ke lokasi yang lebih aman di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten. Selanjutnya para korban dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis dan makanan untuk memulihkan kembali kondisi para korban.

"Apapun akan saya memperjuangkan untuk saudara-saudara kita di lokasi terdampak musibah ini. Doakan saya agar selalu mengabdikan diri untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah. Betapapun tidak mudah yang kita lewati yang kita bisa lewati ini bersama," ujar Iti dalam caption Instagramnya.

Baca Juga: Bupati Iti Sebut Banjir Bandang di Lebak Akibat Gunung Halimun Gundul

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya