TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arus Lalu Lintas Menuju Pelabuhan Merak Macet Parah

Arus dari Jakarta tak sebanding dengan aktivitas kapal

Dok. Istimewa/Ganis

Serang, IDN Times - Arus lalu lintas dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak mengalami lonjakan signifikan sehingga terjadi kepadatan. Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak sempat terjadi hingga 6 kilometer.

Kemacetan parah dampak panjang antrean didalam di dalam tol Tangerang-Merak pukul 03.27 WIB sampai dengan KM 93, namun pukul 04.30 WIB mulai menyusut ke KM 96. Saat antrean masih terjadi di gerbang tol Merak dan Cikuasa Atas.

"Terjadi antrean panjang di pelabuhan ASDP Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai memasuki tol Merak," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah pada Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Mulai Malam Ini, Truk Dilarang Melintas di Pelabuhan Merak 

1. Petugas lakukan pengalihan arus kendaraan, keluar Tol Serang Barat

IDN Times/Auriga Agustina

Uswatun mengatakan, akibat antrean panjang dilakukan diskresi pengaturan arus lalu lintas oleh kepolisian. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak sudah dialihkan untuk keluar di Gerbang Tol Serang Barat.

"Imbauan kepada pengguna jalan yg menuju ke Merak agar dapat memanfaatkan rest area km 68 A. Atau memilih rute alternatif, keluar ke GT Cilegon Timur untuk tujuan di luar ke Pelabuhan Merak," katanya.

Baca Juga: Menhub Minta Tiket Pelabuhan Merak Dijual Murah Saat Siang Hari 

2. Lalu lintas di gerbang tol Merak sempat tak bergerak karena macet total

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang-Merak, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dia menjelaskan, kondisi lalu lintas sempat mengalami stuck atau tidak ada pergerakan di Gerbang Tol Merak, namun kemacetan sudah berangasur mulai terurai. Hingga saat ini masih dilakukan buka tutup "kran" arus kendaraan dr GT Cikupa dan Merak.

"Volume kendaraan pada periode II dan III kemarin  yang keluar dari GT Merak fluktuatif di 700-900 kendaraan per jam. Cenderung meningkat dr rata-rata trafik normal per jam di GT Merak," katanya.

Berita Terkini Lainnya