TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dugaan Penggelapan Pajak di Samsat, DPRD Akan Panggil Kepala Bapenda

Kasus jangan berhenti hanya pengembalian dana saja

IDN Times/Khaerul Anwar

Serang, IDN Times - DPRD akan memanggil Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Provinsi Banten untuk meminta penjelasan terkait dugaan penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua Tangerang yang diduga pendapatan daerah bocor hingga miliaran rupiah.

Ketua DPRD Banten Andra Soni menyayangkan terkait sikap Pemprov Banten yang tidak terbuka terhadap kasus tersebut meski sudah berlangsung cukup lama.

"Ini sangat mengejutkan dan mengkhawatirkan. Bukan tidak mungkin terjadi di seluruh samsat se Banten," kata Andra saat dikonfirmasi, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Miliaran Uang Pajak Samsat Kelapa Dua Tangerang Diduga Digelapkan

1. Pemprov harus terbuka soal pemeriksaan dugaan penggelapan pajak ini

Ilustrasi Pajak. (IDN Times/Arief Rahmat)

Oleh karena itu, lanjut Andra, Pemprov Banten harus segera mengevaluasi secara total dan terbuka semua pejabat yang diduga terindikasi terlibat dalam perkara pembobolan kas daerah tersebut. Jika terbukti bersalah, kata dia, para pejabat itu harus dinonaktifkan selama proses pemeriksaan internal berlangsung.

saat ini kasus penggelapan pajak daerah tersebut sedang diperiksa oleh Tim Auditor dari Inspektorat Provinsi Banten dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Informasi yang beredar kerugian negara mencapai Rp13 miliar.

"Inspektorat segera memublikasikan hasil auditnya. Tidak sebatas pengembalian, tapi harus ada juga pertanggungjawaban pihak yang terkait," katanya.

2. Andra: harus ada pertanggungjawaban di mata hukum

Ilustrasi Penerimaan Pajak. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menegaskan, dalam perkara dugaan korupsi dengan modus baru ini tidak hanya selesai di tahap penyelamatan dan pengembalian kerugian negara. 

"Tapi harus ada juga pertanggungjawaban pihak yang terkait. Tidak serta merta pengembalian, tapi harus penindakan yang jelas," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Simpan Kas Daerah Rp12,7 Triliun di Bank Banten

Berita Terkini Lainnya