TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arus Balik 2022, Ketua RT se-Tangsel Bakal Data Pendatang Baru

Pendataan untuk pastikan tujuan para pendatang ke Tangsel

Ilustrasi arus mudik (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Tangerang Selatan, IDN Times - Guna mengantisipasi adanya lonjakan penduduk pasca Lebaran 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meminta kepada para Ketua Rukun Tetangga (RT) untuk sigap mencatat para pendatang baru.

Sebagaimana diketahui, wilayah perkotaan kota megapolitan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bisa dipastikan menjadi destinasi pendatang atau penduduk baru pasca Lebaran, untuk mencari peruntungan nasib.

1. Pastikan tujuan pendatang

Dok. IDN Times/Eka

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan, hal itu untuk memastikan apakah penduduk baru itu sekadar bertamasya, atau memang mencari peruntungan kerja di perkotaan.

"Yang penting kalau umpamanya dia warga baru di Kota Tangsel, segera lapor ke ketua RT setempat supaya tercatat itu yang kita harapkan. Kemudian tujuannya ke Tangsel apa, apakah sekedar tamasya, liburan, atau mau cari kerja, atau sekolah atau seperti apa," ujarnya, Minggu (8/5/2022).

2. Pendatang mau kerja harus miliki kemampuan

Benyamin menerangkan, setelah melapor dan dicatat oleh Ketua RT, maka disampaikan kepada RW, lurah, serta camat secara berjenjang.

"Berapa jumlah mereka dan dimana mereka tinggal seperti itu, saya harapkan di data dulu deh," terangnya.

Dijelaskannya, jika memang warga baru itu ingin mencari pekerjaan di Kota Tangsel, dirinya berharap warga tersebut memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan dunia kerja.

"Kalau mau cari pekerjaan saya berharap ada keahlian khusus lah, yang dibutuhkan dunia kerjanya, jadi bukan sembarang orang yang datang ke Tangsel," kata Benyamin.

Baca Juga: 4 KK di Tangsel Terdampak Tanah Longsor Usai Hujan Deras

Berita Terkini Lainnya